Rokan Hulu (Segmennews.com) Ratusan murid sebuah madrasah dan orang tua di Kabupaten Rokan Hulu, Riau keracunan setelah menyantap mie instant, Minggu (12/6). Keracunan massal terjadi usai acara perpisahan sekolah.

Sekitar 120 anak dan orang tua yang keracunan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Rokan Hulu. Warga Desa Rantau Binuang Sakti, Kecamatan Kepenuhan ini harus menempuh perjalanan tiga jam dari kampung mereka ke rumah sakit.

Beberapa anak kritis karena lambat mendapatkan pertolongan medis. Sebagian korban keracunan terpaksa dirawat di lantai rumah sakit karena keterbatasan ruang perawatan. Anak-anak dan orang tua mengalami sakit perut dan muntah-muntah, bahkan di antaranya ada yang pingsan.

Menurut warga, keracunan terjadi setelah acara perpisahan Madrasah Diniyah Awaliyah (MD) Al Qiram, Rantau Binuang Sakti. Panitia membagikan mie instant kepada ratusan murid dan orang tua mereka dalam acara tersebut. Namun, setelah menyantap makanan, satu persatu warga mengalami muntah-muntah.

Polres Rokan Hulu masih menyelidiki kasus ini untuk mengetahui penyebab keracunan. Sampel makanan yang dikonsumsi warga dikirim ke Laboratorium Kesehatan Pekanbaru. (tim)