ROKAN HULU (RS) Ratusan pedagang melempari Bupati Rokan Hulu Achmad dengan cabe saat penertiban di Pasar Tugu, Pasir Pengarayan, Selasa (14/6). Satuan polisi pamong praja (Satpol PP) langsung mengamankan Achmad untuk menghindari amukan pedagang.

Penertiban ratusan pedagang di Pasar Tugu, Pasir Pengarayan ricuh saat Bupati Rokan Hulu Achmad mendatangi pedagang. Achmad yang memimpin langsung penertiban tiba-tiba dilempari pedagang dengan cabe dan batu.

Anggota Polres Rokan Hulu dan Satpol PP berusaha melindungi bupati. Namun, ratusan pedagang terus menyerang dan berusaha mendekati Achmad.

Beberapa pedagang pingsan karena tidak tahan dipaksa pindah dari tempat berjualan. Pedagang menolak pindah dari Pasar Tugu ke pasar modern karena di pasar baru tersebut sepi pembeli. Aksi pedagang menolak digusur sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu. Namun, Bupati Rokan Hulu tetap memaksa pedagang pindah dengan alasan untuk ketertiban. “Dengan dalih apapun, kami tidak akan pindah dari Pasar Tugu. Disini kami lebih nyaman berjualan,” kata pedagang Arif. (des)