DUMAI (RS) Sebuah kapal pengangkut barang bekas tenggelam di perairan Dumai, Riau, Senin (4/7) malam. Akibatnya, ribuan barang terdiri dari ban dan karpet bekas dari Malaysia ikut tenggelam.

Menurut salah seorang anak buah kapal (ABK) Jumplak Efendi, kapal dari Malaysia ini akan membongkar muatan di Pelabuhan Kemeli, Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Dumai. Namun, kapal mengalami kebocoran di perbatasan Malaysia dengan perairan Dumai. ABK berusaha mengoperasikan kapal dan merapat ke Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Tiba-tiba petugas Patroli Bea Cukai Dumai memergoki awak kapal. Petugas memaksa kapal yang rusak berlayar ke Dumai. “Cuaca buruk dan ombak yang tinggi menghantam lambung kapal. Akibatnya kapal tenggelam beserta muatan,” kata Jumplak.

Hingga kini, nakhoda kapal tanpa nama ini belum ditemukan. Sedangkan tujuh ABK dilaporkan selamat, masing-masing Jumplak Efendi, Eri, Somad, Nasir, Ratno, Yanto dan Tedi. Para ABK saat ini menjalani pemeriksaan di Kantor Bea Cukai Dumai. (bsp)