PEKANBARU (RS) PLN Wilayah Riau Kepulauan Riau melakukan pemadaman listrik bergilir selama Ramadan. Krisis listrik terjadi karena pasokan arus dari tiga pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Sumatera berkurang, menyusul musim kemarau yang melanda wilayah tersebut.

PLN Riau Kepri memadamkan listrik mulai, Rabu (10/8) besok selama dua jam setiap hari. Jadwal pemadaman pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB secara bergilir di Kota Pekanbaru dan sekitarnya.

Krisis listrik di Sumatera terjadi akibat berkurangnya pasokan energi dari tiga pembangkit, yakni PLTA Singkarak dan Maninjau, Provinsi Sumatera Barat dan PLTA Koto Panjang, Provinsi Riau.

Dalam kondisi normal, PLTA Singkarak, Maninjau dan Koto Panjang mampu menghasilkan arus 367 megawatt. Namun saat ini hanya mensuplai 277 megawatt atau defisit 90 megawatt.

Kepala Manager SDM PLN Riau Kepri Suhatman menjelaskan debit air ketiga PLTA menurun karena musim kemarau sehingga operasional pembangkit terganggu. Namun, PLN memastikan tidak ada pemadaman listrik saat buka puasa dan sahur selama Ramadan. Pemadaman bergilir hanya dilakukan siang hari hingga pertengahan September 2011.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan masyarakat. Kondisi ini memang disebabkan faktor alam sehingga PLTA tidak beroperasi secara maksimal,” kata Suhatman. (asr)