PEKANBARU (RS) Puluhan anggota Ormas Nasional Demokrat (Nasdem) Pekanbaru menggelar aksi simpatik dengan membagikan bendera dan pin merah putih. Aksi untuk memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2011 ini menarik perhatian masyarakat.

Aksi simpatik Pengurus Ormas Nasdem digelar di Tugu Perjuangan, Jl Diponegoro, Pekanbaru, Rabu (17/8). Anggota Ormas Nasdem membagikan bendera dan pin merah putih kepada sejumlah pengendara. Menurut Ketua Ormas Nasdem Pekanbaru Abdullah Qayyum, aksi simpatik ini dilaksanakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan, sekaligus untuk memupuk semangat kebangsaan.

“Ini hari bersejarah. Kita harus selalu mengenang jasa para pahlawan yang berjuang untuk meraih kemerdekaan,” kata Qayyum.

Ormas Nasdem Pekanbaru menilai nasionalisme sebagian besar warga berkurang karena negara belum mampu mewujudkan nilai-nilai proklamasi dan Undang-Undang Dasar 1945, yakni menciptakan masyarakat yang adil dan makmur. Kondisi ini diperparah maraknya korupsi dari tingkat pusat hingga daerah. “Kami prihatin kondisi bangsa ini. Namun, kita harus tetap optimistis mampu mengangkat derajat Indonesia di tengah masyarakat internasional,” kata Qayyum. (asr)