PASIRPANGARAIAN (Segmennews.com)- Perlombaan Cabor Terbang Layang PON XVIII Riau di Rokan Hulu ditutup oleh Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad  Msi. Prosesi penutupan di barengi dengan penyerahan medali bagi atlet  Terbang Layang dari 11 Provinsi di Indonesia, Rabu (19/9).

Dari 13 nomor telah dipertandingkan, medali untuk 3 nomor sudah  diserahkan kemarin, dan 10 nomor diserahkan hari ini (Rabu-red). Perolehan ranking teratas Cabor Terbang Layang di pikul oleh Jakarta, ranking ke II di raih oleh Provinsi Riau, sedangkan Jawa Tengah hanya mampu di urutan ke III.

Persentase perolehan medali yakni, Kontingen DKI Jakarta mengantongi 8 medali emas, 7 perak, dan 5 perunggu. Riau 2 emas dan 2 perunggu. Provinsi Jateng, 1 emas dan 1 perak. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 1 emas dan 1 perunggu. Provinsi Banten, 1 emas. Provinsi Papua 3 perak dan 1 perunggu. Provinsi Jawa Timur, 3 perak, dan 2 perunggu.

Dilanjutkan dengan Provinsi Jawa Barat meraih 2 perunggu. Provinsi Bali hanya meraih 1 perunggu. Total keseluruhan medali yang di serahkan yakni, 13 Emas, 14 Perak, dan 14 Perunggu.

Medali diserahkan langsung oleh Bupati Rokan Hulu, Wabup Rokan Hulu, Ir Hafith Syukri MM serta unsur Forkompinda di bandara Tuanku Tambusai Rokan Hulu.

Usai prosesi penutupan dan penyerahan medali, Pemkab dan Sub PB PON Rokan Hulu menyajikan upacara tradisi keadatan (upah-upah) sebagai tradisi adat Rokan Hulu. Para atlet menikmati prosesi dan menyantap upah-upah yang diberikan secara bersama.

“Upah-upah ini adalah tradisi adat Rokan Hulu, diharapkan dapat
mengembalikan semangat dan spirit para atlet,” urainya. (gibson)