Rambah Samo (Segmennews.com)- Disebabkan Kabut asap, nomor Free Distance Terbang Layang PON XVIII Riau yang di laksanakan di bandara Tuanku Tambusai, Pasir Pangaraian, Kabupaten Rokan Hulu terpaksa di tunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Dikatakan Ketua Panpel Terbang Layang, Senin (17/9), Mayor Kes, Aris Wandana bahwa laga Terbang layang pada nomor Free Distance yang direncanakan di gelar hari ini dan akan diikuti oleh kontingen DKI 2 kontingen, Jawa Timur 2 dan Jabar 1 terpaksa ditunda akibat kabut asap.

Menurutnya, kabut asap sudah terdeteksi oleh Meteo, alat pendeteksi cuaca sejak pukul 6:00 Wib pagi. Namun hingga pukul 14:00 Wib kabut masih ada, sehingga jadwal pertandingan semula pukul 11: 00 Wib terpaksa ditunda, sampai menunggu asap kabut tidak dianggap menggangu penerbangan lagi.

“Akibat Kabut asap, Kontingen yang berlaga nomor Free Distance terpaksa ditunda. Kita belum bisa menentukan apakah sore ini bisa di lanjutkan atau di tunda hingga besok. Jika kabut asap masih ada ditakutkan akan membahayakan atlet,” pungkasnya.

Nomor Free Distance adalah nomor Terbang Layang terakhir yang akan dipertandingkan hari ini. Laga Free Distance terbang Layang tergantung pada jarak tempuh yang mencapai sekitar 100 mil, direncanakan atlet start dari bandara Tuanku Tambusai menuju Bangkinang dan memutar kembali ke bandara TT.

Untuk pendaratan darurat, Panitia PON menyediakan pendaratan darurat di Ujung Batu, Tapung Hulu, Kabun dan Bangkinang. (nang)