PASIRPANGARAIAN (Segmennews.com)- Sebanyak 135 orang aparatur penyuluh dari Bapeda, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas tanaman pangan dan Holtikultura mengikuti pertemuan Teknis Penyuluhan se-Rokan Hulu, Selasa tanggal 25 hingga 27 September 2012 bertempat di hotel gelora Pasirpangaraian.
Dikatakan wakil Bupati Rohul, Ir Hafith Syukri MM saat membuka acara, bahwa dari 141 orang penyuluh yang ikut penyuluhan hari ini hanya 135 orang, sebab 5 orang lagi sedang mengikuti diklat di Jambi. Kehadiran seratus persen ini menandakan kekompakan para penyuluh di Rokan Hulu.
Namun Wabup sangat menyayangkan bahwa, penyuluh dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan tidak ada satupun, di harapkannya, kedepan mereka dapat bergabung di Badan Penyuluhan ini. Sehingga pola pembinaan dapat terlaksana dengan baik, Sebab aparatur penyuluh suatu wadah untuk pencapaian target Program Pemerintah terhadap Swasembada beras tahun 2013 mendatang.
Disebutkannya, tahun 2012 ini ada 4 ribu hektare lahan yang akan di tanami padi untuk meningkatkan produksi beras. Rokan hulu juga terus menerus meningkatkan program panen 4 kali dalam setahun dengan menggunakan teknologi.
Oleh itu, para penyuluh harus bekerja maksimal dan mengetahui teknih-teknik baru, sebab program pencapaian swasembada beras tahun 2013 terus terhambat oleh pertambahan penduduk setiap harinya. Sehingga kebutuhan beras semakin meningkat.
“Kita harapkan pertumbuhan penduduk tahun ini tidak meningkat drastis, sehingga program swasembada beras tahun 2013 mendatang dapat tercapai,” ujarnya.
Disamping itu, terang wabup, utuk meningkatkan kinerja aparatur penyuluh, ditargetkan seluruh penyuluh mendapatkan fasilitas kendaraan.
“Tahun ini hampir separuh penyuluh mendapatkan fasilitas kendaraan. Tahun depan ditargetkan seluruh penyuluh memiliki fasilitas kendaraan operasional,” ungkap wabup. (gibson)¬†