PASIRPANGARAIAN (Segmennews.com)- Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Rokan Hulu tengah mempersiapkan 10 ribu bibit pohon gaharu diperuntukkan bagi masyarakat yang akan dibudidayakan.

“Kita sedang mempersiapkan 10 ribu bibit gaharu yang akan dibudidayakan oleh masyarakat sebagai bahan minyak wangi, kosmetik dan lainnya,” terang Kabid Bina Usaha Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan, Anuar Sahadat, disela-sela acara sosialisasi Pembinaan dan pengembangan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu, bertempat di hotel sapadia PasirPangaraian, Rabu (26/9).

Lebih lanjut diterangkannya, bahwa saat ini Dishutbun Rohul sedang melaksanakan pembibitan, setelah tinggi pohon gaharu mencapai 30 Cm baru bisa di bagikan kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Menurut Anuar sebelumnya pohon gaharu hanya sebatas konfungsional saja, agar masyarakat dapat menikmati hasil dari pohon gaharu, maka Dishutbun memprogramkan budidaya gaharu.

“Budidaya gaharu nantinya akan menambah penghasilan masyarakat, mereka akan lebih merasakan manfaat dari pohon gaharu,” ujarnya.

Sebutnya, di acara sosialisasi yang dihadiri oleh para kepala Desa dan kelompok tani ini, segala tata cara pengembangan pemanfaatan hutan tersebut akan di paparkan oleh narasumber dari balitbang Kehutanan bogor. (gibson)