Ismail Hamkaz SAg,Msi

Kepenuhan (Segmennews.com)- Luhak (eks kerajaan) Kepenuhan, kabupaten Rokan Hulu tersimpan berbagai cerita sejarah dan tokoh-tokoh yang di kenang hingga saat ini. Bahkan ada juga telah di nobatkan sebagai tokoh pahlawan nasional dan tokoh Pendidikan agama.

Tokoh asal Luhak Kepenuhan Rokan Hulu tersebut terdiri dari, Syekh Abdul Wahab Rokan Alkholidi Nagshabandy dan Sultan Zaini Abidin tercatat jadi Pahlawan Nasional, Sedangkan Sultan Sulaiman tercatat dalam sejarah sebagai raja terakhir dua luhak yakni, luhak Kepenuhan dan Luhak Rambah pada zaman Penjajahan Jepang silam.

Sedangkan tuan Yahya Anshoruddin tercatat sebagai tokoh Pendidikan Agama, sekolah agama pondok pesantren Darul Ulum Kota tengah yang didirikannya pada zaman penjajahan Belanda tahun 1929 silam, hingga saat ini masih berdiri kokoh walaupun ada beberapa yang sudah di renovasi.

Sekolah Agama Yahya Anshoruddin termasuk sekolah Modern di Zamannya. Siswa tamatan sekolah tersebut sampai kelas 7, bahkan alumni sekolah itu banyak yang menjadi pendakwah dan mendirikan Lembaga Sekolah Agama di daerah mereka masing-masing. Saat ini siswanya banyak dari berbagai daerah Medan Sumatra Utara berdatangan untuk menimba ilmu pondok pesantren tersebut.

Sekolah Agama yang terletak persis di luhak kepenuhan RW 2 Gelugur Kelurahan Kepenuhan tengah, Kecamatan kepenuhan Hulu tepat ditengah pusat perkotaan luhak kepenuhan ini mentrasfer ilmu menggunakan sistem kurikulum berkelas.

Sebagai anggota ranperda RTRW Kabupaten Rohul 2012-2013, Ismail Hamkaz menyatakan lokasi tersebut dapat dijadikan atau masuk wilayah daerah strategi Rohul bidang Sosial budaya sebab sejarah.

“Kita dari masyarakat kepenuhanaan terus mengangkat nilai-nilai sejarah, sampai Pemkab Rohul betul-betul seratus persen memberikan perhatian khusus pada bangunan bersejarah di Luhak Kepenuhan, sebab di Luhak Kepenuhan banyak tersimpan sejarah dan tokoh yang terlahir disini,” harapnya. (has)