PELALAWAN (Segmennews.com)- Ketua PMI Riau Wan Syamsir Yus resmi melantik ketua PMI Kabupaten Pelalawan, yakni Wabup Pelalawan Drs H Marwan Ibrahim, periode 2012-2017, Kamis (27/9) kemarin, bertempat di ruang Auditorium lantai 3 kantor Bupati Pelalawan.

Usai di Lantik, Marwan Ibrahim melanjutkan melantik jajaran pengurus PMI Kecamatan di Pelalawan. Acara pengukuhan dan pelantikan tersebut diserahkan juga sejumlah bantuan dana hibah dari Pemkab Pelalawan kepada sejumlah organisasi kepemudaan, mesjid, gereja, organisasi mahasiswa, dewan pendidikan dan lainnya.

Ketua PMI Riau, Wan Syamsir Yus menyatakan, bahwa PMI harus selalu berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan sabit merah yakni, dibidang kemanusiaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan dan kesemestaan. 

“Keberadaan PMI di daerah rentan bencana menjadi wadah sangat penting. Apalagi, dalam kapasitas dan tugasnya PMI harus dapat memberikan pelayanan yang maksimal pada masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, oleh itu, dalam tugas PMI tidak berpihak pada golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu. Tak hanya itu, PMI dalam pelaksanaannya juga tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan objek korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya.

“Tingginya pertumbuhan masyarakat, maka akan tinggi pulalah perkembangan kendaraan, kondisi ini akan meningkatkan terjadinya kecelakaan. Tingginya korban kecelakaan otomatis membuat permintaan darah meningkat. Dan saat ini, di Pekanbaru sendiri, setiap harinya harus ada 120 kantong darah yang tersedia,” ungkapnya.

SEmentara itu, Ketua PMI Pelalawan menyatakan bahwa jajarannya akan bekerja maksimal dalam memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan tanpa melihat ras,suku dan golongan.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Pelalawan Drs H Marwan Ibrahim yang juga sebagai Ketua PMI Kabupaten Pelalawan untuk lima tahun ke depan, mantan Ketua PMI Kabupaten Pelalawan sebelumnya HT Kasroen Haroen, Wakil Ketua DPRD Pelalawan Ikmal Pasha, Kadis/Kabag/Kaban, OKP serta tokoh-tokoh masyarakat dan para undangan. (rz)