PELALAWAN (Segmennews.com)- Pergantian Musim, Kadiskes Pelalawan Ingatkan masyarakat agar waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan diare.
“Kita menghimbau kepada masyarakat, agar tetap menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing. Sebab pada pergantian musim terutama dari musim panas ke musim hujan (pancaroba) penyakit demam berdarah biasanya selalu meningkat,” ingat kadiskes Pelalawan, Darwis Alkalam melalui Kabid P2PL, H Asril M,Kes kemarin.

Katanya, berdasarkan surat yang telah kita terima dari Diskes Provinsi Riau, adanya peringatan kepada masyarakat dikabupaten/kota agar mewaspadai DBD.

Dijelaskan Asril lagi bahwa, untuk mengantisipasi terjangkitnya penyakit tersebut maka pihaknya berupaya melakukan sosialisasi guna mengingatkan masyarakat agar lebih waspada dan membiasakan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dengan memberantas sarang nyamuk, menutup dan menguras genangan air.

Namun untuk mengantisipasi terjadinya penyakit DBD yang ditakutkan akan berujung Kejadian Luar Biasa (KLB), maka Dinkes menyiapkan stok obat-obatan.

“Selain menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk Aides Aigepty yang mematikan itu, kita juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penyakit menular lainnya seperti, diare. Dengan memastikan air yang dimasak dengan matang agar kuman-kuman yang ada di air dipastikan mati. Biarkan air yang mendidih saat dimasak lebih lama lagi agar kuman-kumannya mati, dengan mendiamkan selama 10-15 menit dahulu,” terang Asril. (rz)