Toyota dan Daihatsu Luncurkan Mobil Murah



JAKARTA(SEGMENNEWS)Daihatsu dan Toyota kembali meluncurkan mobil kembar, setelah sebelumnya sukses dengan Avanza-Xenia, kemudian Rush-Terios, kali ini Daihatsu Motor Co dan Toyota Motor Corp mengumumkan kerja sama bisnis di Indonesia pada 19 September yang lalu, dengan mengusung konsep mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC).

Toyota meluncurkan mobil Ayla dan Daihatsu meluncurkan Agya guna memenuhi regulasi pemerintah soal mobil murah dan ramah lingkungan. Pabrik Daihatsu di Indonesia, yakni PT Astra Daihatsu Motor, akan memasok Agya ke Toyota.

Di Indonesia, pemasaran Toyota diageni oleh PT Toyota Astra Motor. Astra Daihatsu dan Toyota Astra merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk.

Dalam keterangan resmi yang disampaikan manajemen Daihatsu Motor Co, diungkapkan bahwa pengembangan Agya dan Ayla sama-sama dilakukan pabrik Astra Daihatsu yang baru, yakni di kawasan industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat. Kedua jenis mobil itu akan dipamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show 20-30 September 2012.

Bagi Daihatsu dan Toyota, Indonesia merupakan pasar penting industri otomotif di ASEAN yang terus mencatatkan pertumbuhan. Sejak pertama kali diproduksi di Indonesia, Daihatsu pada 1968 dan Toyota pada 1971, keduanya telah mencatatkan penjualan memuaskan. Terutama untuk dua mobil ikon mereka, yakni Daihatsu Xenia dan Terios serta Toyota Avanza dan Rush.

Daihatsu Agya dan Toyota Ayla basis konsepnya seperti Daihatsu Mira e:S, yang mewakili upaya Daihatsu untuk membuat mobil efisien bahan bakar, terjangkau, dan desain kompak. Kedua mobil ini akan dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan Indonesia.

“Daihatsu Ayla dan Toyota Agya adalah mobil untuk Indonesia dan dari Indonesia dengan harga terjangkau,” kata manajemen Daihatsu dalam keterangan resminya.

Dua jenis mobil keluarga memiliki kapasitas mesin 1.000 cc dan menargetkan pasar konsumen pengguna mobil pertama di Indonesia, di mana jenis kendaraan multiguna (MPV) sangat digemari masyarakat.

Belum ada pernyataan resmi dari Daihatsu dan Toyota mengenai harga jual kedua mobil ini. Jika sesuai dengan peraturan pemerintah maka harganya tidak akan lebih dari Rp 96 juta.

Fitur utama Toyota Ayla dan Daihatsu Agya di antaranya :
– Dengan konsep desain yang berkualitas, memaksimalkan potensi komponen, hemat bahan bakar, dan terjangkau melalui pengurangan berat mobil dan teknologi yang memaksimalkan efisiensi energi.

– Dengan platform baru yang mengimplementasikan jarak roda yang panjang, sehingga memungkinkan ruang yang lega untuk mobil berkapasitas lima orang dewasa.

– Fitur mobil dinamis dan gaya elegan yang diproduksi oleh desainer Indonesia.

– Selain kompak dan mudah untuk dikemudikan, mobil ini memiliki ground clearance yang membantu pengemudi bisa bermanuver pada jalan yang tidak rata maupun kondisi banjir, serta radius putar yang mudah dilakukan di jalan atau gang-gang sempit.(snc/tco)