ROKAN HULU (Segmennews.com)- Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA membuka secara resmi Diklat Ditempat Kerja Kehumasan dan Keprotokolan bagi Pejabat di lingkungan Kemenag Rohul, Selasa (9/10/2012) bertempat di aula Kemenag Rohul, Pasir Pengarayan.

Diklat tersebut ditaja oleh Kemenag Rohul bekerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan Padang, yang akan berlangsung dari tanggal 9 s/d 12 Oktober 2012.

Menurut Ketua Panitia Drs Nur Asril MM, kegiatan ini diikuti 30 orang peserta yang terdiri dari pejabat, Kepala Madrasah dan Kepala Tata Usaha di lingkungan Kemenag Rohul.
Kakan Kemenag Rohul dalam sambutannya menyatakan bahwa tujuan yang  hendak dicapai dari diklat ini adalah untuk mendidik pejabat dan pegawai Kemenag Rohul supaya selalu mampu membangun kepercayaan publik (public trust) dan pencitraan Kementerian Agama di mata publik.

Dikatakannya, kegiatan Kemenag itu sangat banyak, pelayanan kepada masyarakat setiap hari dilakukan, ditambah lagi masyarakat sangat membutuhkan pelayanan Kemenag, sebab kemenag mengurus masyarakat mulai dari kandungan sampai liang lahat, namun terkadang orang lain tidak tahu kalau kita sudah bekerja. Untuk itu orang lain perlu diberitahu melalui pemberitaan oleh media, baik media cetak maupun media elektronik.

Untuk pemberitaan ini, maka diperlukan tenaga kehumasan yang handal, mampu menjalin komunikasi dengan wartawan, memahami semua persoalan yang dihadapi oleh Kemenag dan memahami juga solusi yang diambil oleh pimpinan.
Pada kesempatan itu, Kakan Kemenag Rohul juga berbicara tentang Materi Kebijakan Pimpinan. Ahmad Supardi menyatakan bahwa kebijakan pimpinan diambil berdasarkan pada tiga hal.

Pertama, kebijakan diambil sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, lalu diterapkan sesuai dengan situasi dan kondisi yang mengitarinya. Kedua, melihat secara riel persoalan yang dihadapi, baik dalam internal instansinya maupun kondisi lingkungan yang mengitarinya, baru diambil langkah-langkah yang tepat.

Ketiga, mengantisipasi persoalan masa depan yang akan timbul, sehingga organisasi beserta perangkat yang ada di dalamnya seperti SDM yang tersedia, dapat menjawab dan mengantisipasi  atas persoalan-persoalan yang mungkin timbul.

Untuk meningkatkan isi muatan dari kegiatan ini, Kemenag Rohul secara khusus mendatangkan instruktur yang professional di bidangnya dari Balai Diklat Keagamaan Padang, yaitu Bapak Prof Drs H Zulbatri MM, Aprianto MA, Drs Nur Asril MM, Besri Efendi S Sos, Dahihul Haq S Sos. (rls/gibson)