Landasan Pacu Bandara TT Rohul diperpanjang 2200 Meter

PasirPangaraian (Segmennews.com)- Landasan bandara Tuanku Tambusai (TT) Pasir Pangaraian Kabupaten Rokan Hulu semula memiliki panjang 1500 Meter akan diperpanjang 2.200 meter lagi, melalui dana APBN Rp 156 Miliar.

Demikian disampaikan Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi pekan lalu, menurutnya, perpanjangan landasan tersebut berlebih dari yang diajukan. Semula duiajukan hanya 1.850 meter, namun karena Pusat menilai bahwa perpanjangan yang hanya 1.850 meter tersebut belum memadai, sehingga Pusat menambah menjadi 2200 meter.

“Semula kita hanya merencanakan Pesawat Foker 100, kemudian dengan penambahan tersebut Pesawat berbadan lebar atau Pesawat umum bisa mendarat di bandara Tuanku Tambusai,” Ujar Bupati.

Sebutnya, dengan adanya Penerbangan Reguler pada tahun 2013 nanti, maka penumpang Pesawat akan cukup ramai. Diperkirakan mencapai 60 ribu karyawan perusahaan Perkebunan, Pertanian dan Pabrik yang ada di Kabupaten Rohul.

“Jika mereka menggunakan jasa Pesawat sebanyak 10 persen atau 6000 orang saja di akhir pekan, maka secara Reguler akan terbang hari Jumat, sabtu dan minggu Domestik sudah terjamin, belum lagi penerbangan oleh birokrasi di Rohul dan masyarakat umum,” sebutnya.

“Bandara TT sangat potensi di buka di Rohul, dengan peberbangan Rohul ke Jakarta, Medan, Batam dan berbagai jurusan yang ada di Indonesia,” katanya. (idab)