Pangkalan kerinci (Segmennews.com)- Baru saja melewatkan kesenangan Hari Ulang Tahun (HUT) Pelalawan ke 13, masyarakat di taburi kesedihan, akibat Kobaran api hampir 4 jam telah meluluh lantahkan 200 bangunan pasar, Senin (15/10) kemarin.

Pasar yang berdiri di lahaa seluas 41 hektare di lokasi pasar tersebut tinggal puing-puing, yang meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi ratusan masyarakat di pasar lama kelurahan Sorek I Kecamatan Pangkalan Kuras. Belum lagi kerugian materil yang mereka alami.

Anggota DPRD Pelalawan fraksi PAN mengakui bahwa kebakaran ini adalah kebakaran yang terbesar di Pelalawan. Meski tidak menyebabkan korban jiwa, namun kerugian materil cukup banyak.

“Musibah kebakaran ini adalah kejadian yang terdahsyat di Kabupaten Pelalawan, dalam usianya ke 13 tahun. Meski tak sampai menelan korban jiwa seperti kejadian beberapa tahun sebelumnya, namun kerugian materil jauh lebih besar dari kejadian sebelumnya,” pungkas Nazar Arnazh, Selasa (16/10).
  
Atas kejadian tersebut, Nazar meminta kepada masyarakat yang mengalaminya agar tidak larut dalam kesedihan. Kita harapkan Pemkab memberikan bantuan secepatnya kebada warga yang kena musibah,” imbuhnya.

Jauh hari lanjutnya, sebenarnya pemerintah dan legislatif sudah satu persepsi, kalau di Kecamatan Pangkalan Kuras ini sangat rawan terjadinya kebakaran rumah dan hutan. Tercatat kurun waktu 6 bulan, telah terjadi 6 kali kebakaran, bahkan ada yang sempat menimbulkan korban jiwa. (rz/ur)