Pasir Pangaraian (Segmennews.com)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan, MA meminta organisasi masyarakat (Ormas) Islam agar menjadi tokoh pemersatu umat di lingkungannya.

Hal itu ditegaskan Kakankemenag dihadapan ketua Ormas dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan se Kabupaten Rokan Hulu saat pembukaan Pembinaan Kemitraan Ummat yang ditaja Seksi Urusan Agama Islam (URAIS) Kankemenag Rokan Hulu di aula Kankemenag Rokan Hulu, Selasa (16/10).

Menurut Supardi, hal itu menjadi sangat penting sebagai upaya antisipasi perpecahan dalam internal umat Islam. Sekaligus dalam rangka menciptakan kekokohan umat islam dalam menghadapi bahaya aliran aliran baru menyimpang di kalangan umat islam dewasa ini.

Terhadap kepala KUA, Supardi juga mengingatkan bahwa KUA mempunyai peran startegis dalam menjaga kerukunan umat. KUA yang barada ditengah masyarakat dan dipastikan berinteraksi langsung dengan masyarajat diharapkan mampu mengayomi dan bisa menjaga kasatuan umat baik internal umat islam maupun antar umat bergama.

Sementara terkait kegiatan yang ditaja Seksi Urais, menurut Kepala Seksi Urais Kemenag Rohul, H. Rusli, S. Ag mengatakan, kegiatan yang diikuti 30 peserta dari KUA dan Ormas Islam se Rokan Hulu tersebut bertujuan untuk menguatkan pembinaan kerukunan internal umat islam.

Kegiatan digelar selama sehari dengan nara sumber dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Riau.(gibson/rls)