int

Kabun (Segmennews.com)- Angin puting beliung menyapu 28 rumah dan 2 unit Los pasar rusak berat di Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (16/10) sekitar pukul 16:30 Wib kemarin. Akibat kejadian tersebut, paku seng yang terbang nancap di kepala bocah 5 tahun, Wiliam Tampubolon.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu, Aceng Herdiana ditemui dilapangan memberikan bantuan sekaligus membantu memperbaiki rumah warga korban puting beliung, kepada Segmennews.com, Rabu (17/10) menuturkan bahwa, akibat angin puting beliung yang menerbangkan atap 28 rumah hinga seratus meter itu mengakibatkan salah satu paku nancap di kepala bocah bernama Wiliam.

Tepat pukul 14:00 Wib siang ini, Wiliam menjalani operasi di Rumah Sakit Ibnu Sina, Pekanbaru akibat paku yang nancap di kepalanya.

“Kita mendapatkan laporan dari keluarga bocah. Karena orang tua korban membawa anaknya ke rumah sakit sakit swasta, sehingga biaya operasi kepalanya membutuhkan dana Rp 20 juta. Walau begitu Pemerintah melalui BPBD Rohul tetap memberikan bantuan sesuai dengan standarisasi biaya dari Pemerintah,” jelas Aceng.

Selain itu, lanjut Aceng, bencana Puting Beliung itu juga mengakibatkan seorang ibu rumah tangga megalami luka lebab. Semua korban bencana puting beling mendapat bantuan dari Pemda dan BPBD Rohul, selain proses evakuasi yang cepat juga ada bantuan, dapur umum, mendirikan tenda dan mempersiapkan kebutuhan konsumsi korban bencana Puting beliung.

“Kita, terutama Pemerintah Rohul terus mengupayakan bantuan semaksimal mungkin kepada korban bencana puting beliung ini,” tegas Aceng di tengah-tengah kesibukannya membenahi rumah waraga korban puting beliung.

Hingga berita ini diturunkan, tim BPBD Rohul di bantu pihak kepolisian, TNI, PMI dan masyarakat saling bahu membahu membenahi kerusakan rumah warga. BPBD Rohul juga mendirikan tenda dan Pos Bencana, untuk bantuan korban puting beliung, baik materil maupun kebutuhan konsumsi makan korban bencana.

Diakui Aceng bahwa, pihaknya belum menyampaikan usulan bantuan kepada BPBD Riau, sebab pihanya akan mendata dahulu semua korban sambil mengkaji musibah ini. Jika sudah memungkinkan barulah diusulkan bantuan dari Provinsi.

Warga Apresiasi BPBD Rohul

Kinerja BPBD Rohul yang cepat tanggap itu mendapatkan apresiasi oleh salah satu warga korban bencana puting beliung, Sianturi (35). Dia mengatakan, pihak BPBD Rohul cukup cekatan dan tanggap terhadap bencana alam yang menimpa warga, Mereka juga langsung turun kelapangan untuk memberikan bantuan. Sejauh ini katanya, kebutuhan korban bencana sudah terpenuhi.

“Kebutuhan kami korban bencana ini sudah cukup bagus. Bapak-bapak dari BPBD Rohul di bantu TNI, POLRI dan PMI langsung turun kelapangan membantu kami untuk memperbaiki atap rumah kami yang beterbangan. Begitu juga dengan bantuan makan kami sudah disediakan,” ucapnya terimakasih. (idab)