PasirPangaraian (segmennews.com)- Terkait anjloknya harga Tandan Buah sawit (TBS) di Kabupaten Rokan Hulu dalam beberapa bulan ini. Pihak Pemeritah kabupaten Rokan Hulu melalaui DishutBut Rohul telah melakukan survei.

Hasil survei Dishutbun Rohul dan Disbun Riau, mendapati 2 perusahaan yakni, PT Rohul Sawit Industri (RSI) dan perusahaan group Musimas memainkan harga TBS hingga dibawah standar harga yang ditentukan.

“Kita sudah perintahkan Dishutbun untuk melakukan pemantauan, kita akan meninjau aalasan dua perusahaan itu menurunkan harga TBS. Jika mereka beralasan tidak bisa mengelola karena keterbatasan kapasitas, maka kedepan akan kita usulkan untuk mendirikan perusahaan sawit baru,” tegas wabup Rohul, Ir Hafith Syukri MM, Rabu (17/10).

Tapi jika perusahaan tersebut sengaja menurunkan harga karena ingin keuntungan lebih besar lanjut Wabup, maka Pemkab Rohul dan pihak terkait akan mengambil tindakan tegas dan izin perusahaan tersebut akan di tinjau ulang.

“masak haraga TBS sampai Ro 600 rupiah, Kita tetap mengambil tindakan jika mereka memainkan harga TBS, jangan sampai masyarakat di miskinkan oleh perusahaan. Sebab, tujuan mereka di Rohul ini untuk mensejahterakan rakyat. Jangan sampai masyarakat pula yang mensejahterakan perusahaan,” keluh wabup. (idab)