Ratusan wartawan Pekanbaru Demo di DPRD Riau

Pekanbaru (Segmennews.com)- Sesiau jadwal sejumlah Organisasi Pers, Hari ini, Rabu (17/10) sejumlah wartawan Media cetak, Elektronik dan Online melakukan aksi unjuk rasa sebagai bentuk solidaritas terhadap kasus kekerasan yang dialami oleh beberapa wartawan saat peliputan jatuhnya pesawat sky hawk 200 milik TNI AU kemarin.

Ratusan wartawan memulai orasi di tugu zapin dan bertolak ke DPRD Riau. Mereka meminta pihak DPRD Riau menindak lanjuti kasus penganiayaan wartawan.

“Kami meminta kasus ini ditindak lanjuti, Kami minta DPRD Riau panggil Danlanud, atas dasar apa oknum TNI AU itu melakukan pemukulan terhadap rekan-rekan kami seperti itu,” teriak Ketua Solidaritas Wartawan untuk Transparansi (Sowat) Sahnan Rangkuti.

Ketua DPRD Riau, Johar Firdaus yang menyambut saat itu, menyampaikan bahwa, DPRD Riau sendiri akan melakukan pemanggilan Robert Simanjuntak yang melakukan pemukulan terhadap beberapa wartawan saat meliput jatuhnya pesawat milik TNI AU itu.

“Dalam waktu satu atau dua hari ini, Kita akan melakukan pemanggilan terhadap anggota Danlanud Pekanbaru, untuk menindak lanjuti sesuai prosesdur hukum yang berlaku,” tegasnya.

Seperti yang diketahui salah satu oknum TNI AU Pekanbaru, Robert Simanjuntak melakukan pemukulan kepada wartawan televisi dan media cetak saat melakukan peliputan dilokasi jatuhnya pesawat tempur TNI AU tersebut.

Di dalam aksi demonstrasi tersebut. Ratusan wartawan juga mengumpulkan kartu Pers dan kameranya sebagai bentuk protes terhadap perbuatan Oknum AURI.

Ditempat terpisah, atas kejadian yang menimpa awak media tersebut, Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit angkat bicara, dan menyampaikan keprihatinannya atas kejadian yang menggemparkan indonesia ini.

“Wartawan adalah insan yang tau apa yang harus dilakukan. Saya mengajak pihak terkait kasus ini diselesaikan sesuai dengan aturan undang-undang. Selesaikan masalah secara tuntas dengan tidak menimbulkan masalah. Saya simpati dan memberikan apresiasi kepada wartawan, karena tetap kompak,” tuturnya bersemangat.

Mambang juga menyatakan kesiapannya untuuk menghadiri saat pemanggilan Danlanud oleh DPRD Riau nanti. Agar di ketahui dasar mereka melakukan kekerasan terhadap wartawan. (den/kir)