Peserta Pawai Taaruf tampak bersemangat

Pelalawan (Segmennews.com)- Bupati Pelalawan, HM Harris secara resmi membuka pelaksanan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XI di lapangan bola, Kecamatan Bandar Petalangan Pelalawan, Selasa (16/10) kemarin.

Pembukaan MTQ diawali dengan pawai taaruf oleh oelh ribuan masyarakat dari 12 Kecamatan se-Pelalawan, peserta Pawai berjalan kaki mengitari Kecamatan Bandar Petalangan digelarnya MTQ.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan dan mengambil sumpah hakim dewan juri sebanyak 75 orang oleh Bupati Harris yang disaksikan oleh ribuan masyarakt dan Wakil Bupati, Marwan Ibrahim dan Ketua DPRD, Zakri serta seluruh SKPD Pelalawan.
 
Dalam sambutannya, Harris menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan MTQ ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat untuk membaca alqur’an. Disamping itu tidak ada lagi masyarakat yang buta pada ayat-ayat alqur’an atau buta aksara alqur’an.

MTQ XI yang diikuti oleh 309 Qori dan Qoriah ini lanjut Harris, diharapkan akan terdapat bibit yang handal dalam membaca ayat suci alqur’an. Sehingga kedepannya akan tercipta para kafilah-kafilah yang berprestasi dan mampu menuai prestasi hingga ketinggat Provinsi.

“Bagi peserta yang berprestasi di MTQ XI ini akan mendapat pembinaan dari pihak terkait untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi. Kita harapkan Qori dan Qoriah Pelalawan mampu meraih prestasi ke tingkat lebih tinggi lagi,” urainya.

Sementara itu untuk menghindari buta aksara alquran bagi masyarakat. Kepala dinas Pendidikan Pelalawan MD Rizal M.Pd menyampaikan ide terbebasnya para pelajar didaerah ini dari buta aksara Al Qur’an sudah pernah dicanangkan Bupati Pelalawan sebelum ini.

Kedepan katanya, Disdik Pelalawan dan Kemenag Pelalawan akan  mengajukan draf Ranperda tentang aturan yang mengatur pembebasan generasi dikabupaten Pelalawan dari buta aksara Al Qur’an tersebut.

“Sekarang Ranperda tersebut sedang kita susun yang nantinya akan kita bahas di DPRD Pelalawan, setelah itu barulah ranperda itu disahkan,” ungkapnya. (rz)