PasirPangaraian (Segmennews.com)- Pegawai Kementerian Agama diharapkan profesional dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Mengingat, pegawai kementerian agama dianggap sebagai contoh dan teladan bagi PNS lainnya. Demikian diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Drs.H. Tarmizi Tohor, MA dalam arahanya di hadapan ratusan PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, peserta orientasi dan pembinaan asesmen pegawai di lingkungan Kemenag Rokan Hulu, di Hotel Sapadia Pasir Pengaraian, Selasa (23/10).

Lebih lanjut Tarmizi memaparkan, baik dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sebagai PNS maupun di lingkungan masyarakat, pegawai kemenag selalu dipandang sebagai tokoh yang mendapat sorotan.

”Tidak bisa kita pungkiri itu, PNS Kemenag dimanapun dia tingal tetap menjadi sorotan, tinggal lagi bagaimana pegawai itu menyikapinya, kalau pegawai itu baik dan profesional, maka secara otomatis penilaian masyarakat tentunya akan baik pula, begitu juga sebaliknya, makanya kita tekankan agar pegawai Kemenag ini menjaga korpsnya,”ujar Tarmizi.

Khusus dalam pelaksanaan tugas, Kakanwil berpesan pegawai Kemenag mesti berhati-hati dan teliti mengingat betapa ketatnya peraturan dan pengawasan pada saat ini.

”Terutama pengelolaan anggaran, pegawai kita mesti teliti betul, sesuai aturan, serta dengan manajemen yang baik, jangan asal-asalan karena sedikit saja kita salah maka sorotan akan sangat besar,”tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil juga menginformasikan bahwa tingkat pengelolaan anggaran di Kementerian Agama sudah semakin membaik, hal itu dibuktikan penilaian BPK yang memeberikan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kakanwil berharap predikat ini bisa sama-sama dijaga bahkan bisa lebih ditingkatkan lagi.

Sementara itu disisi lain, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu,Drs.H.Ahmad Supardi Hasibuan,MA dalam sambutanya menyebutkan, kegiatan orientasi dan pembinaan assesmen ini dimaksudkan memberikan pengetahuan terkait peraturan kepegawaian terhadap para pegawai di lingkungan kemenag Rokan Hulu.

”Dengan kegiatan ini, pegawai kemenag bisa mengetahui tugas pokok, hak dan kawajiban yang mesti dilakukan, jangan hanya bisa menuntut hak semetara kewajiban selaku PNS belum dijalankan,”ujar Supardi.

Terkait kegiatan orientasi dan pembinaan assesmen ini, dilaksanakan Sub Bagian Tata Usaha melalui DIPA kemenag Rokan Hulu tahun 2012. Kegiatan diikuti sebanyak 180 orang PNS di lingkungan Kementerian Agama Rokan Hulu.(rls/son)