Kadsikes Rohul Wildan Asfan didampingi Ketua Panitia HKN Rohul, Grifino

PasirPangaraian (Segmennews.com)– Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 48 di kabupaten Rokan Hulu yang bertemakan Indonesia bakal di hadiri oleh Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3L) dari kementerian kesehatan dan Dirjen kementerian Pekerjaan Umum (PU).

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul, dr Wildan Asfan Hasibuan M,Kes didampingi Ketua Panitia HKN, Grifino kepada segmennews.com, Rabu (24/10) bahwa pelaksanaan HKN yang bertemakan Indonesia Cinta Sehat di Kabupaten Rohul akan diisi oleh berbagai rangkaian kegiatan kesehatan.

“Hari puncah HKN ke 48 di Rokan Hulu tanggal 20 November 2012 mendatang yang di hadiri oleh Dirjen Pengendalian penyakit dan Penyehatan Lingkungan dari kementerian kesehatan dan Dirjen kementerian PU tersebut bakal diisi oleh berbagai kegiatan kesehatan dan deklarasi di bidang kesehatan oleh Bupati Rokan Hulu,” sebutnya.

Dilanjutkan Wildan, Bupati Rohul, Drs H Achmad Msi akan melakukan deklarasi 100 persen dari 26 desa di Rohul bebas buang air besar sembarangan, sebab disana sudah tersedia jamban dan Pamsimas yang dialiri langsung ke rumah-rumah warga yang di kelola oleh Desa.

Selain itu ada juga Deklarasi kabupaten Rokan Hulu bersih oleh Bupati, sasarannya perkantoran, sarana pendidikan, sarana kesehatan, rumah ibadah terminal dan dan pasar. Dengan adanya Deklasi tersebut maka akan menekan perkembangan jentik nyamuk dan lainnya yang akan membawa masyarakat kelingkungan sehat.

Di Hari puncak HKN Bupati juga akan melantik dokter kecil dari siswa di 30 SD di Desa Muara Jaya, yang dilanjutkan dengan penyerahan 4 unit kendaraan roda empat puskesmas keliling yakni, untuk Kecamatan Tambusai Utara Mahato, Rokan IV Koto Banjar Datar, Rambah dan kunto Darussalam.

Usai kegiatan tersebut, Bupati beserta Dirjen P3L dan PU akan meninjau proyek penyediaan air bersih di Desa Muara Jaya yang saat ini sudah teraliri ke rumah-rumah warga melalui Pamsimas yang dikelola oleh Desa.

Menurut Wildan, sebelum hari puncak HKN tersebut di gelar, Dinkes juga melakukan kegiatan lomba olahraga antar Puskesmas dan Dinkes, pengobatan gratis dan pemeriksaan kesehatan mata siswa di Sekolah-sekolah selama tiga hari berturut-turut sedangkan penyerahan kacamatanya di lakukan di hari puncak HKN oleh Bupati.

“Kita sengaja menempatkan puncak HKN di Desa yang akan digilir setiap tahunnya, agar semua kegiatan kesehatan dapat di rasakan langsung oleh masyarakat di Desa-Desa yang berada di kabupaten Rokan Hulu ini,” terang Wildan. (son)