Bupati Siak, H Syamsuar memberikan sambutan

Siak (Segmennews.com)- Bupati Siak, Siak H Syamsuar menyebutkan bahwa tahun ini kesadaran berkurban bagi masyarakat kian bertambah, hal ini telihat meningkatnya jumlah hewan yang akan dikurbankan.

Hal disampaikannya saat memberikan kata sambutan pada kesempatan Sholat Idul Adha di lapangan tugu depan Istana Siak, di hadapan ratusan jemaah, juga tampak, Sekda Kab Siak, H Amzar, Kajari Siak Zainul Arifin, Jumat (26/10).

Sementara itu, Wakil Bupati Siak H Alfedri melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Besar Abdul Jalil Mujafarsyah kecamatan Mempura.

Berlaku sebagai Khatib Sholat Idul Adha, yakni H Nurhaidi Husein, Lc, MA, disampaikannya bahwa hakikat kurban adalah kembali kepada konsep muslim yang benar. Hakikat idul adha adalah kembali kepada pemahaman nilai qurban yang berpangkal dari konsep keimanan dan kemanusian. Dua pilar terpenting peradaban manusia.

Makna qurban berarti taqarrub, yakni mendekatkan diri kepada Allah. Kedekatan antara hamba dan penciptanya. Qurban merupakan konsep pengurbanan yang dilandasi keikhlasan dalam menjalankan pengabdian, tugas dan perjuangan tanpa mengharapkan balasan dan pujian serta keuntungan materi yang menjadikan nilai kesalehan menjadi siak-sia.

Nabi Ibrahim as telah menemukan 4 sikap yang harus tertanam dalam umat muslim, pertama konsep Ketuhanan (ilahiyah), konsep Kemanusian (basariah), konsep realita kehidupan maksudnya adalah setiap orang yang diciptakan oleh Allah SWT sesuai dengan karakternya masing-masing, ini lah yang dinamakan qodho dan qodhar dan yang ke-empat adalah konsep kesederhanaan, berbuat sesuai dengan kemampuan dan tidak berlebih-lebihan.

Sebelumnya diumumkan pemenang lomba pawai takbir idul adha 1433 H kategori masjid dan mushola juara I masjid Nur Huda Mempura, juara II Masjid Sultan Syarif Hayim, juara ke III Mushola Nurul ikhlas desa Rawang Air Putih.

Kategori sekolah Juara I SMPN 1 siak, juara ke II MAN Siak, juara ke III SMAN Siak.

Daftar Peserta Qurban yang dikelola oleh bagian Kesra setda kab siak sebanyak 34 ekor sapi, PNS 11 ekor sapi, dan masyarakat Siak di Pekanbaru 4 ekor sapi. Untuk kecamatan sungai Mandau 37 ekor, kecamatan koto gasib 91 ekor,  kecamatan Siak 116 ekor, kecamatan mempura 53 ekor, kecamatan dayun 184 ekor.

Setelah melaksanakan ibadah sholat Idul Adha Bupati Siak H Syamuar melaksanakan open house dengan tokoh masyarakat Siak  yang tinggal di Pekanbaru, diantaranya OK Nizami Jamil, Amrun Salmon, Zulkifli ZA. (rinto)