PasirPangaraian (Segmennews.com)- Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA,  menyatakan bahwa saat ini 396 Jamaah Haji (JH) Rohul telah berada di Makkah, beristirahat sambil memulihkan kondisi fisik pasca wukuf, bermalam di Muzdalifah,  melontar Jumroh di Mina, thowaf ifadhah, sa’i dan tahallul.

Dikatakannya, kondisi JH saat ini cukup capek sebab kegiatan ibadah haji tersebut di atas, memakan energy yang sangat banyak, apalagi dilakukan secara marathon, tanpa ada hentinya, mulai dari Arofah ke Muzdalifah, dilanjutkan ke Mina dan ke Makkah. 

Demikian dilaporkan petugas daerah Rohul, Abdul Haris SSos MSi dan Elfalisman SAg dari Makkatul Mukarromah kepada Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Rabu (31/10/2012).

Menurut Kakan Kemenag Rohul, saat ini JH Rohul semuanya berada di Makkah, menunggu waktu pemulangan ke tanah air, sesuai jadwal 12 Nop pukul 22.30 WAS dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah dan tiba di Bandara Hang Nadim Batam tanggal 13 Nop pukul 11.30 Wib.             

Abdul Haris dan Elfalisman, melaporkan bahwa aktivitas JH Rohul di Makkah adalah bersifat rutin, yaitu melaksanakan sholat berjamaah di Masjidil Harom, thowaf di Baitullah, dan bahkan ada yang melaksanakan Umroh Sunnat.

Menurut Kakan Kemenag, JH Rohul seluruhnya telah melaksanakan ritual ibadah haji dan Alhamdulillah semuanya telah menyandang gelar Haji dan atau Hajjah. Saat ini mereka sedang menunggu waktu pemulangan ke tanah air, sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Kakan Kemenag Rohul menyatakan, JH Rohul awalnya 397 orang, namun seorang meninggal dunia atas nama HJ. NURBAINIS BINTI TUDIN, USIA 74 tahun, dari Ujungbatu, sehingga JH Rohul tinggal 396 orang (son)