Bupati menyalami Mahasiswa yang diwisuda

PasirPangaraian (Segmennews.com)- Universitas Pasir Pangaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu, Kamis(1/11) mewisuda 132 Mahasiswa dari berbagai Jurusan.

132 Mahasiswa tersebut terdiri dari Jurusan Prodi D-III Kebidanan 37 orang, D III Kontruksi Sipil 12 orang, DIII mesin peralatan pertanian 7 orang, DIII Agrobisnis 7 orang, D III Akuntansi 7 orang, D III Administrasi Niaga 29 orang dan Prodi S 1 Agrobisnis 3 orang,sedangkan para pemincak dari masing-masing Program tersebut sebanyak 6 orang.

Rektor UUPP Rohul, Prof.Dr.Ir.H.Feliatra,DEA pada Wisuda Sarjana tersebut mengatakan,Unipersitas Pasir Pengaraian saat ini sudah masuk pada tahun ke tiga setelah dikembangkan dari Politeknik pasir Pengaraia, dimana saat ini sudah memiliki 11 Program Study yang masih aktif,dan 5 program Studi Diploma peninggalan Pr ogram Politeknik dulu yang sudah mulai ditinggalkan oleh calon Mahasiswa.

Para mahasiswa lebih mengutamakan untuk Program sarjana, adanya Program akedemi komunitas yang sedang di Programkan Dirjend Dikti kemungkinan tidak akan diminati oleh para calon mahasiswa,dimana jumlah Mahasiswa yang terdaftar pada saat ini sebanyak 1749 orang tetapi yang mendaftar ulang sampai hari ini sebanyak 1541.

Dari 1542 orang tersebut, sebanyak 200 orang mahasiswa belum melunasi kewajibannya yakni SPP.Hal ini tidak terlepas dari anjloknya harga Kelapa sawit,yang mempunyai pengaruh nyata terhadap perekonomian Masyarakat Rokan Hulu.

Feliatra menghimbau kepada Wisudawan/wati bahwa Rokan hulu dan Indonesia adalah sangat berpotensi dari semua lini kehidupan, untuk itu jangan sampai negeri kaya ini dikendalikan oleh bangsa lain.

“Jangan beri kesempatan yang lain memanfaatkan daerah ini, baik Potensi ekonomi, Budaya dan bahkan ideology kita,’’katanya.

Sementara itu Bupati Rokan Hulu, Drs.H.Achmad Msi dalam sambutannya mengatakan menyambut baik dengan Wisuda sarjana yang dilakukan UPP,dimana dengan telah dilakukannya Wisudah kepada 132 orang mahasiswa tersebut akan mampu menjadi Estafet pelaksanaan Pembangunan yang dilaksanakan di kabupaten Rokan Hulu.

Untuk itu dihimbau kepada seluruh Wisudawan/Wati agar memanfaatkan Ilmu yang didapat selama di unipersitas ini untuk berkiprah ditengah-tengah Masuarakat dan supaya mampu menciptakan lapangan kerja sendiri tanpa mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah.

“Mahasiswa itu sebaiknya dapat meningkatkan karirnya untuk mencapai S2 agar nantinya mampu memenej seluruh Program yang akan dibutuhkan oleh Masyarakat,” ujar Bupati.

Achmad Juga mengatakan sebagai penghargaan yang diberikan oleh pemerintah daerah,yakni bagi para pemuncak dari masing-masing Program Studi yakni  Pemerintah akan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjadi tenaga Honorer di Lingkungan Pemerintah Rohul untuk pengganti tenaga Honor yang diberhentikan.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua Kompertis Wilayah X Prof.DR.Damsir Msc,Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang diwakili Kepala Bidang Akreditasi dan Pengembangan Sumberdaya Kesehatan Drs.H,A,hanif Badrun,Prof.Muktar Achmad,Msc,para kepala Dinas,Para Orang tua Wisudawan,Pimpinan Dosen,Pegawai dan mahasiswa universitas pasir pengaraian.(gibson)