BUNGARAYA (Segmennews.com)- Merebaknya isu beras hasil panen para petani padi di Kecamatan Bungaraya, Siak tidak layak di konsumsi menjadi perhatian saat reses salah seorang anggota MPR/DPR RI Ian P Siagian disana, Kamis (1/11/12).

Hal itu diungkapkan Hartono, salah seorang petani padi di Desa Kemuning Muda, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, ia mengungkapkan rasa kekawatirannya tentang merebaknya isu-isu tersebut sehingga para petani merasa was-was.

“Saat ini, merebak isu kalau beras hasil panen kami ternyata tidak layak di konsumsi, untuk itu kami minta tanggapan atau kejelasan dari intansi atau dinas terkait, agar kami petani padi ini tidak merasa was-was lagi dan percaya diri kembali timbul,” terang Hartono.

Menanggapi isu tersebut, Ian P Siagian cukup terkejut dan meminta Dinas Pertanian dan Perikanan Siak untuk segera melakukan langkah-langkah terbaik untuk menyelesaikan isu-isu yang dinilai tidak baik tersebut.

“Ya, tentunya saya cukup kaget juga mendengarkan bahwa ada beras hasil panen para petani padi yang tidak layak dikonsumsi, dan kalau ada ini pertama kali nya di Riau, untuk itu diharapkan kepada dinas untuk mencari tahu kebenaran isu yang cukup mengkhawatirkan masyarakat itu,” ujar Ian.

Sementara itu keterangan Dinas Pertanian dan perikanan Siak Rubiati, bahwa isu tersebut memang sudah terdengar olehnya, dan saat ini tengah dilakukan proses dan bekerja sama dengan Badan Penyuluh untuk mencari tahu kebenaran isu tersebut.

“Kita sudah mendengar isu-isu itu dan sudah dilakukan koordinasi dengan Badan Penyuluh dan kita masih menunggu hasil penelitian dilapangan, sejauh ini beras hasil panen petani padi di bungaraya ini cukup banyak dikonsumsi masyarakat dan tidak ada apa-apa,l terang Rubiati. (rinto)