PasirPangaraian (Segmennews.com)- Sebanyak 35 group ikut ramaikan Festival Budaya Daerah Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Tahun 2012. Lomba diprakarsai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Riau dan Disbudpar Rohul.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Rohul, Yurikawati,S,sos, kemarin menyampaikan bahwa pelaksanaan  festival ini sempat ditunda karena adanya kegiatan-kegiatan agendanya sebelumnya, Festival tahun ini merupakan iven kedua kalinya, yang diikuti sebanyak 55 group dari berbagai Kecamatan.

Katanya, Budaya yang diperlombakan pada Festifal ini yakni, Budaya Bakobah, Gondang Barogong, Tari Tradisional, Dzikir Berudah dan Pencak Silat Tradisional.

“Kita akan terus berupaya mengembangkan budaya melayu di mulai dari kecamatan dan pedesaan dengan membagikan peralatan musik. Dan usaha tersebut terlihat semakin meningkat perkembangannya dan terlihat sudah mulai  bangkit kembali,” tukasnya.

Yurika juga menyebutkan, iven pertama dilaksanakan tahun 2002 lalu, jumlah peserta hanya tiga peserta, melalui bantuan peralatan musik yang diberikan sejak lima tahun terakhir, secara perlahan budaya Rohul mulai diminati masyarakat terutama kalangan muda.

Wabup Rohul Ir.H.Hafith Syukri MM,saat membuka Festifal mengaku akhir-akhir ini warisan budaya mulai luntur, disebabkan karena masyarakat tidak bangga dengan budaya leluluhurnya, namun lebih cinta kepaa budaya luar terutama budaya barat.

“Di era globalisasi sekarang ini, agar tidak terjadi krisis budaya,maka kita  harus  membentengi kaum muda agar tidak lupa budaya, maka secara perlahan budaya akan bangkit kembali.Seperti  Festival seperti ini cukup membantu hal itu,” terangnya.

Hafith juga mengharapkan agar, festival serupa ini terus digelar rutin setiap tahunnya, tujuannya agar masyarakat lebih mencintai budaya sendiri daripada budaya luar. (son)