ilustrasi

PasirPangaraian (Segmennews.com)- Banjir, ternyata tidak semua masyarakat yang menganggap hal itu sebagai momok yang menakutkan. Contohnya, bagi warga di Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu malah menganggap banjir sebagai berkah bagi mereka.

Walaupun banjir telah menggenangi kampung mereka sejak seminggu yang lalu, sebagian warga disana malah bersemangat, sebab dengan keadaan banjir, penghasilan mereka sebagai penangkap ikan, kian bertambah.

Hal itu juga di benarkan oleh Camat Bonai Darussalam, Taslim AM, Jumat (2/11/2012) sejak satu minggu yang lalu dari 7  desa di Kecamatan Bonai Darussalam,  5 Desa diantaranya terendam banjir yakni, Desa kasang mungkal, Kasang padang, Sontang, Desa Bonai dan Desa Titian gading. Banjir diakibatkan oleh tingginya curah hujan, sehingga Hulu sungai yang terletak di Rokan kiri meluap.

Namun banjir tersebut cukup banyak membawa berkah bagi sebagian warga Bonai, sebab selain banjir dapat membuat tanaman subur, penghasilan masyarakat nelayang akan bertambah. Pasalnya, di saat banjir ikan-ikan akan keluar dan mudah di tangkap.

“Saat ini jumlah ikan di sungai semakin berkurang, karena selalu di pasang jaring oleh warga. Namun jika banjir datang ikan akan semakin banyak dan mudah di tangkap, sebab ikan-ikan akan sampai di parit-parit dan pekarangan rumah warga,” paparnya

Dijelaskan Taslim, hingga hari ini, air sudah mulai surut, ketinggian air capai setengah sampai satu meter, fenomena banjir sudah menjadi langgananan di Bonai, apalagi di musim penghujan.
         
“Saat ini beberapa ruas jalan di beberapa titik  masih terendam air, seperti dari Sontang ke kasang padang, namun ruas jalan masih bisa dilewati oleh kenderaan bermotor,” sampainya.

Namun bagi warga yang memiliki rumah tidak berlantai panggung, mereka akan kesulitan membersihkan lantai rumah saat air surut, sebab lantai rumah akan di penuhi dengan lumpur.

Taslim menghimbau kepada seluruh warga di Kecamatan Bonai yang rawan banjir agar tetap waspada, mengingat curang hujan diakhir bulan ini cukup tinggi.

“Kita khawatir akan terjadi banjir besar-besaran akibat curah hujan yang cukup tinggi, oleh itu kita himbau kepada warga agar terus waspada,” imbaunya. (idab)