istimewa

Siak (Segmennews.com)- Lembaga Konsultan asal Belanda yang bergerak di bidang manajemen pengairan dan irigasi bagi kawasan pertanian yang bernama Mott Macdonald melakukan Studi dan Kajian terhadap kawasan pertanian di kabupaten Siak, khususnya di kecamatan Bunga raya dan Sabak Auh. Study ini berlangsung sejak 1 hingga 9 November mendatang.

Hal ini terungkap saat Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi didampingi Kadis PU Siak H Irving Kahar menerima kedatangan perwakilan Euroconsult Mott Macdonald, Wicher Boissevain dan rekan-rekannya di kediaman Bupati Siak, Jum’at (2/11).

Pertemuan yang berlangsung 40 menit tersebut, Wicher menjelaskan program kajian dan study yang akan dilakukan tim nya. Program ini merupakan kerjasama pemerintah Indonesia dan Negara Belanda.

Terangnya, bahwa kajian ini tidak terlepas dari melihat kondisi rill yang ada saat ini sehingga nanti dihasilkan rumusan-rumusan pemikiran yang diharapkan bisa menghasilakan solusi terhadap masalah yang ditemukan. Namun demikian ia tidak menyebutkan secara pasti output yang akan dihasilkan dari studi tersebut. Karena hasil kajian tersebut dibawa pulang dan dibicarakan kembali anatara pemerintah Indonesia dan Belanda.

Sementara itu Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi melalui keterangan pers nya menegaskan dalam pertemuan tersebut ia meminta pihak konsultan untuk memberikan tindak lanjut atau tindakan konkrit yang bisa dilakukan berdasarkan hasil kajian itu nanti. Karena hal itu sangat penting untuk terus mengembangkan potensi pertanian yang ada di dua kecamatan tersebut.

“Kita minta nanti ada tindak lanjutnya, jangan nanti ada penelitian tetapi tidak ada tindakan konkrit setelah itu, kan percuma saja. Akhirnya petani juga kesal,’ ujar Syamsuar. Selain dua kecamatan tersebut Bupati juga meminta tim konsultan ini melihat potensi pertanian yang ada di desa Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau. “Saya juga minta agar mereka masuk ke Muara Kelantan untuk dimasukkan ke wilayah Delta Siak seperti yang mereka ungkapkan tadi. Karena disana juga memiliki potensi cukup baik,” paparnya.

Bupati juga menyambut baik penelitian yang dilakukan karena menurutnya persoalan pengairan didaerah pertanian seperti Bunga raya dan Sabak Auh merupakan persoalan penting. Terlebih saat ini alih fungsi lahan pertanian ke kebun sawit menjadi salah satu persoalan yang terjadi di daerah tersebut. (rilis)