Pekanbaru (Segmennews.com)- Puluhan wartawan menggelar aksi damai di bundaran Tugu Selais depan Kantor Walikota Pekanbaru, Jumat (2/11). Mereka menuntut proses kasus penganiayaan wartawan yang dilakukan oknum perwira TNI AU, dipercepat.

Mereka (wartawan, red) yang tergabung dari berbagai organisasi profesi dan himpunan tersebut, memulai aksi dengan berjalan kaki dari Kantor Persatuan Wartawan Indonesia Riau di Jalan Sumatera.

Di Tugu Selais, mereka menggelar orasi yang diselingi dengan pembacaan puisi. Intinya, mengecam aksi kekerasan terhadap jurnalis dan mengharapkan hal serupa tidak terulang lagi. 

Ilham Nasir, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru, menilai menilai proses hukum dalam kasus penganiayaan wartawan, terkesan diperlambat POM TNI AU Pekanbaru.

Dia juga mengungkapkan kekesalan terhadap Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau karena belum kunjung mempertemukan antara pihak TNI AU dan wartawan, untuk melakukan debat sebagaimana dijanjikan Ketua DPRD Riau, Johar Firdaus. (hr/knc/snc)