Siak(Segmennews.com)- Gerakan Vegetarian dalam Meat Free Monday atau One Meat Free Day a Week ini secara global telah digemakan masyarakat dunia, bukan lagi pada level kelompok melainkan telah menjadi kebijakan pemerintah.
Urgensi sosialisasi perubahan pola makan ini terkait dengan urgensi perubahan iklim dan epidemik penyakit degeneratif (penyakit kronis) yang meningkat tajam.

“Vegetarian yang merupakan makanan yang berasal dari Nabati (sayuran, buah, umbi, dan biji)  yang dapat menekan resiko penyakit jantung, paru-paru, usus, kanker,” ungkap Bupati Drs H Syamsuar M.Si dalam peresmian Seminar Kesehatan Vegetarian dengan tema Sehat, Etis, dan Ramah Lingkungan bersama Pembicara Dr. Drs Susianto selaku Ahli Gizi sekaligus ketua IVS, Senin (5/11) di Gedung Lembaga Adat Melayu Siak Sri Indrapura.

Seminar Vegetarian yang dihadiri Ketua IVS Kab Siak, Tim Penggerak PKK serta beberapa Pejabat di lingkungan Pem Kab Siak.
“Vegetarian adalah bagian dari dimana kita mengkonsumsi makanan yang berasal dari sayur-sayuran dan tumbuh-tumbuhan yang dapat meningkatkan pola hidup sehat dan ramah lingkungan,” kata Syamsuar.

Bupati menambahkan, ia selalu diskusi dengan dokter kesehatan tentang berbagai penyakit. Katanya, sumber dari penyakit banyak terdapat pada makanan yang dikonsumsi, seperti halnya jika seseorang yang selalu menerapkan pola makan dengan berlebihan.

“Contohnya pada diri saya sendiri sewaktu saya masih kecil. Nah di sini lebih ditekankan pada pola makan yang sangat mempengaruhi bagi kesehatan yang akan dibahas pada seminar Vegetarian nantinya,” katanya.

Lebih lanjut Bupati mengharapkan dalam seminar ini penyampaian materi tentang Vegetarian harus jelas karena masyarakat lebih mengenal vegetarian hanya untuk dikonsumsi orang Hindu dan Budha.

“Untuk itu, agar tidak terjadi kesalah fahaman saya harapkan kejelasan dalam penyampaian  materi. Kemudian harapan saya kedepan adalah Vegetarian ini dapat berkembang di Kabupaten Siak contohnya Restoran Vegetarian karena selain Siak tempat yang mudah untuk mencari sayur-sayuran, buah-buahan serta umbi-umbian, Siak juga merupakan Negeri Wisata,” ujarnya. (rilis)