AKBP Yudi Kurniawan SIK,Msi

PasirPangaraian (Segmennews.com)-Kapolres Rokan Hulu, AKBP Yudi Kurniawan mengakui saat ini masih banyak konflik sengketa-sengketa agraria yang terjadi di Kabupaten Rokan Hulu. Seperti sengketa perbatasan Kabupaten dengan Kabupaten, Kecamatan dengan Kecamatan Desa dengan desa dan bahkan Provinsi dengan Provinsi.

Hal itu disampaikannya saat acara serah terima jabatan (sertijab) di Mapolres Rohul, Senin (5/11).

“Konflik agraria masih ada di Rohul. Dan saat ini pihak kepolisian terus burapaya melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya konflik agrarian di Rohul,” jelas Kapolres Yudi.

Dijelaskannya lagi, dengan era otonomi daerah seperti ini masih banyak sengketa agraria dan sengketa perbatasan yang menimbulkan pro dan kontra hingga melibatkan massa yang tidak sedikit.

“Untuk mengantisipasi hal ini, pihak kepolisian sudah melakukan antisipasi dini seperti melakukan patroli rutin serta pendekatan dengan para tokoh agama, tokoh maysarakat dan tokoh adat,” tegasnya.

Ditambahkannya lagi, persolan sengketa agraria ini berawal dari instanasi lain, seperti pemerintah daerah. Dan karena tidak
terselesaiakan, akhirnya muaranya ke pihak kepolisian. Dengan awalnya melakukan unjuk rasa, hingga berkepenajangan.

“Sudah banyak upaya-upaya yang kita lakukan, seperti melakukan kordinasi dengan pihak Pemkab Rohul, Camat, Danramil dan Kapolsek untuk mendudukan konflik yang terjadi kepada intansi yang berwenang menyelesaiakannya. Agar secepatnya terseleisaikan,” jelasnya. (dab).