PasirPangaraian (Segmennews.com)- Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menyatakan bahwa Jamaah Haji Rohul melakukan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Makkah dan Jeddah, untuk mengisi waktu yang kosong sambil menunggu masa pemulangan ke tanah air, yang dijadwalkan tanggal 12 dan 13 Nopember 2012  dari Jeddah.

Berdasarkan laporan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) H Rahmat Taufiq Lc kepada Kakan Kemenag Rohul, tempat-tempat bersejarah yang dikunjungi itu bertempat di sekitar Makkah, antara lain adalah Hudaibiyah (tempat dilakukannya perjanjian antara Nabi Muhammad SAW dengan Kaum Kuffar Quraisy), peternakan unta, dan pabrik pembuatan kiswah (kain penutup Ka’bah).

Kemudian di sekitar Jeddah, yaitu Sepeda Adam (sepeda unta raksasa), Masjid Terapung di pinggiran laut merah, Masjid Qishash (Tempat penjatuhan hukuman qishash), Kuburan Hawa istri Nabi Adam, dan Kornes (sebuah tempat perbelanjaan terbesar di Jeddah).

Kakan Kemenag Rohul, menyatakan bahwa waktu menunggu antara selesainya ibadah haji dengan pemulangan ke tanah air, bagi jamaah haji Rohul, adalah sekitar 12 hari. Waktu 12 hari ini akan terasa sangat panjang, sehingga diperlukan ada kegiatan yang dapat menambah wawasan tentang Makkah-Madinah-Jeddah dan sekitarnya.

“Kegiatan yang dilakukan jamaah haji ini sangat positif, sebab akan dapat menambah wawasan jamaah haji tentang perkembangan sejarah Islam, dunia islam dan sejarah perjuangan umat islam dalam melawan orang kafir,” tegasnya.

Petugas daerah Rohul lainnya H Abdul Haris SSos MSi dan H Elfalisman SAg, melaporkan dari tanah suci bahwa jamaah haji Rohul dalam keadaan sehat wal afiat, satu orang meninggal dunia beberapa waktu yang lalu, atas nama Hj Nurbainis Binti Tudin umur 74 tahun dari Kec Ujungbatu. (gib)