PasirPangaraian (Segmennews.com)- Dari 16 Partai Politik(Parpol) yang akan ikut serta pada Pemilu di Kabupaten Rokan Hulu hanya 13 parpol yang menyampaikan berkasnya ke KPUD Rohul.

Demikian diungkapkan Ketua KPUD Rohul, Jonaidi Dasa Usai verifikasi Faktual Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Rabu (7/11) di Pasir Pengaraian.

Ke-13 Parpol tersebut kata Junaidi yakni  Partai Nasdem, PDIP, PBB, Hanura, PAN, Golkar, PKS, Gerindra, Demokrat, PPP, PDP, PKP  dan PBN. sedangkan tiga partai Politik yang tidak menyampaikan berkasnyanya adalah  PDP, PKP dan PBN .

Menurut Jonaidi Untuk verifikasi faktual  akan dilaksanakan 2 tahap yaitu tahap yang pertama verifikasi domosili Kantor dan susunan kepengurusan partai, dimana Untuk domisili kantor akan dilihat apakah kantor tersebut hak milik atau sewa menyewa dengan dibuktikan dengan  surat pernyataan dari camat atau lurah setempat yang menerangkan dimana kantor itu berada.

Kemudian verifikasi faktual susunan kepengurusan yang dibuktikan dengan Kartu keanggotaan, selanjutnya mulai tanggal 7 sampai 24 november 2012 KPUD akan melakukan verifikasi faktual, dengan membentuk Tim yang langsung turun ke Lapangan untuk mempercepat pelaksanaan penilaian, setelah itu disurati apakah ada persyaratan parpol tersebut yang masih kurang.

Jika persyaratan tersebut masih ada yang kurang maka akan diberi waktu kepada parpol  dari tanggal 25 november sampai 3 Desember untuk memperbaiki dan melengkapi item-item yang kurang tersebut, sehingga setelah selesai verifikasi tidak ada lagi persyaratan yang kurang baik itu legalitas kantor, domisili kantor, kepengurusan partai dan lain sebagainya.

“Untuk verifikasi domisili kantor kita akan tinjau selama dua hari  selanjutnya  akan bergerak untuk verifikasi tahap yang kedua yaitu verifikasi faktual keanggotaan di lapangan,” Ungkapnya.(gib)