Jalan simpang buatan diperbaiki macet tak terelakkan (photo kapurnews.com)

Siak (Segmennews.com)- Jalan provinsi di Kabupaten Siak ada 7 ruas, dengan panjang 243,37 kilometer. Kondisinya sekarang dalam keadaan rusak, sehingga butuh perhatian dari pemerintah karena menjadi akses utama bagi masyarakat untuk memperlancar perekonomian.

Ruas jalan provinsi itu adalah, jalan Simpang Beringin-Maredan menuju Simpang Buatan dengan panjang sekitar 48,21 Km, jalan Simpang Lago menuju Simpang Buatan dengan panjang sekitar 24,40 Km, jalan Simpang Buatan menuju Simpang Buatan Dermaga dengan panjang sekitar 10,41 Km, jalan Simpang Buatan menuju Siak Sri Indrapura atau Simpang Siak Lama dengan panjang sekitar 42,95 Km.

Kemudian, jalan Simpang Siak Sri Indrapura menuju Mengkapan dengan panjang sekitar 23,90 km, jalan Minas-Perawang- Maredan panjangnya sekitar 33,50 km, dan jalan Sei Pakning-Teluk Masjid menuju Simpang Lago panjangnya sekitar 60,00 km.

Saat ini, jalan tersebut cukup memprihatinkan. Namun, ada dalam tahap perbaikan, seperti Jalan Simpang Beringin-Maredan menuju Simpang Buatan, yang dikerjakan PT Tamako dan PT Nikita sepanjang 11,2 km. Anggaran untuk perbaikan jalan tersebut bersumber dari APBD Riau sekitar Rp100 miliar dengan sistem rijid.

Pada ruas jalan tersebut ada juga proyek dari Pemkab Siak sepanjang 14 km. Saat ini, masih pada tahap base B sepanjang 7 km dan akan dilakukan base A serta pengaspalan pada tahun 2013 mendatang.

Kemudian, jalan Simpang Lago menuju Simpang Buatan, saat ini sedang dilakukan pengaspalan sepanjang 4 km oleh pihak PT RAPP serta melakukan pemangkasan empat bukit.

Kondisi jalan yang paling memprihatinkan adalah jalan dari Simpang Lago menuju Simpang Buatan, karena berlubang dan bergelombang, sehingga membahayakan pengendara.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Siak, Irving Kahar Arifin melalui Kabid Bina Marga, Ardi Irfandi, ketika dikonfirmasi menjelaskan, sesuai SK Gubernur Nomor: Kpts.234.c/VI/2007 tertanggal 06 Juni 2007, jalan statusnya milik Provinsi Riau di Kabupaten Siak sepanjang 243,37 km.

“Jalan milik Provinsi Riau di Siak sepanjang 243,37 km. Ada beberapa ruas yang sedang tahap pekerjaan dan ada yang perlu perhatian khusus,” terangnya. (sk/ knc/snc)