Photo Kapurnews.com

INDRAGIRI HULU (Segmennews.com)- Sungai Indragiri terus meluap, sehingga puluhan hektare areal persawahan masyarakat terencam dan terancam gagal panen.

“Luas areal sawah yang rusak terendam air di Indragiri Hulu skitar 70 hektare. Saat ini, Dinas Pertanian menyiapkan sebanyak 2 ton benih padi yang akan diserahkan kepada petani,” ujar Kepala Dinas Pertanian Indragiri Hulu, Raja Heri Zuliandri, Selasa (13/11).

Dia mengatakan, lahan yang terendam tersebut berada di Desa Tambak, Kecamatan Kuala Cenaku, Desa Sungai Beringin, Kecamatan Rengat, serta di beberapa Desa di Kecamatan  Sungai Lala.

Sampai saat ini, katanya, pihaknya masih menghitung total kerugian yang dialami petani. Berdasarkan hasil panen normal. “Kerugian masih kita hitung, rata-rata per hektare menghasilkan 4 sampai 6 ton gabah. Jika dikalikan dengan harga gabah saat ini, cukup besar juga kerugian yang dialami petani,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, salah satu solusi dari Pemkab untuk mengantispasi kerugian petani, pihaknya akan menyalurkan bantuan benih. Saat ini, bantuan tersebut belum bisa direalisasikan karena lahan warga masih terendam. (rg/ knc/snc)