Drs Ahmad Supardi Hasibuan MA

PasirPangaraian (Segmennews.com)- HIJRAH adalah sebuah peristiwa bersejarah dan diabadikan secara khusus dalam agama Islam, dengan menjadikannya sebagai penghitungan awal kalender Islam. Penetapan ini bukanlah sembarangan, sebab peristiwa hijrah merupakan strategi besar (grand strategi) jangka panjang dan bertahap dalam rangka menuju tegaknya Islam.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA ketika membuka Lomba Menghafal Asmaul Husna, dalam rangka peringatan Tahun Baru 1434 Hijriyah, yang ditaja oleh Pemuda Ujungbatu, Senin (19/11/2012) bertempat di kantor Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Ujungbatu.

Hadir dalam acara tersebut adalah Kakan Kemenag Rohul, Camat Ujungbatu Iwan Suryawan SSos, Ketua LKA Ujungbatu H Abd Hakam Datuk Bendaharo, Pembina Pemuda Ujungbatu H Syamsurijal MBA MM, Ka KUA Ujungbatu Efriadi SAg, Tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan peserta Lomba.

Kakan Kemenag Rohul, lebih lanjut menyatakan bahwa kunci keberhasilan hijrah ditandai dengan melakukan empat hal.
Pertama,  membangun Masjid, sebagai tempat beribadah dan tempat pembinaan/pemberdayaan umat.

Kedua, melakukan mempersaudarakan kaum muhajirin sebagai pendatang dengan kaum Anshar sebagai penduduk setempat.
Ketiga, pembangunan ekonomi dan sosial. Yang ditandai dengan kewajiban zakat.
Keempat, pembentukan perangkat hukum.

Dalam hal ini, yang paling tinggi adalah Alqur’an, Alhadits, Piagam Madinah, dan lain sebagainya.
H Syamsurijal selaku Ketua Panitia menyatakan bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 7 Kecamatan, yaitu Ujungbatu dengan 6 group, Tandun 4 group, Pendalian, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu, Rambah, dan Pagarantapah Darussalam 2 group. Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 19 s/d 21 Nop 2012, tegas Ketua Panitia. (gib)