Ilustrasi (int)

Pekanbaru (Segmennews.com)- Hingga pekan ketiga banjir melanda sebahagian wilayah Kota Pekanbaru, sebanyak 381 warga terserang penyakit. Jenis penyakit yang menyerang dari 4 posko yang terlapor mulai dari ISPA, Diare, mata merah, kulit dan penyakit lainnya.

Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru, Helda Suryani Munir, saat diwawancarai Rabu(21/11) menyatakan jumlah yang sakit meningkat.

“Dari 7 posko yang didirikan  4 posko melaporkan total warga yang terserang penyakit 381 orang, jenis penyakitnya beragam, yang terbanyak ISPA jumlahnya hampir separuh yakni mencapai 160 an orang,” ujarnya. Untuk mengatasi ini katanya, Diskes juga sudah kirim surat ke puskesmas di lokasi banjir agar setiap hari melaporkan kondisi pengungsi, terutama kesehatan sehingga bisa segera ditangani.

Untuk  lokasi yang agak sulit mendirikan pos, Diskes  bisa melakukan pengobatan melalui puskesmas keliling. “Jadi kita minta jika pengobatan tidak bisa di lakukan di posko bisa  dengan ambulan keliling. Untuk  Stok obat cukup sekiranya perlu tinggal kontek, baik obat  kulit,obat  diare, biasanya pasca banjir sudah mulai terjangkit,” imbuhnya.

Untuk menjaga Posko Diskes sudah menetapkan 9 petugas  per hari  di semua posko,  dibagi tiga jadwal pagi, siang, malam yang terdiri dokter, perawat dan bidan. (ur/sn)