Ketua TP PKK Kabupaten Siak Hj Misnarni Syamsuar
dalam Kunjungannya ke BKB Bunga Tanjung Desa Rawang Air Putih

siak (Segmennews.com) – Tim Penilai untuk Lomba Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Tingkat Provinsi Riau Tahun 2012, Kamis (22/11), berkunjung ke BKB Bunga Tanjung serta Pos PAUD Mawar di Desa Rawang Air Putih Kecamatan Siak.

Kunjungan ini bertujuan untuk tim penilai dari Provinsi Riau memberikan penilaiannya dalam lomba kelompok BKB Riau yang diikuti BKB Bunga Tanjung sebagai wakil dari kabupaten Siak. Tampak hadir pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK kabupaten Siak Hj Misnarni Syamsuar, Ibu Wakil Bupati Siak Hj Rosyidah Alfedri, Kepala Badan PMPKB kabupaten Siak Abdul Razak, Camat Siak Hadi Sanjoyo MSi serta Ketua Tim Penilai Jumadi Falil Beserta rombongan.

Camat Siak Hadi Sanjoyo MSi dalam sambutannya menjelaskan BKB merupakan media yang sangat penting dalam meningkatkan kesadaran dan keterampilan orang tua dalam meningkatkan tumbuh kembang anak sesuai dengan tingkat usia anak yakni 0 sampai dengan 5 tahun. Perkembangan kompetensi anak yang cukup baik adalah salah satu kunci keberhasilan dalam pembinaan keluarga. Dan hal ini berpengaruh langsung pada indek pembangunan manusia sebagai barometer kemajuan suatu daerah.

Penilaian ini juga menjadi sarana refleksi dan evaluasi dalam rangka meningkatkan pembangunan manusia di kabupaten Siak.Ditambahkan Hadi, telah dilakukan lomba BKB ditingkat kecamatan dan kabupaten sebelum akhirnya BKB Bunga Tanjung terpilih untuk mewakili kabupaten Siak ditingkat provinsi Riau. “Kami berharap bisa mendapat prestasi yang terbaik ditingkat provinsi Riau,” ujar Hadi Sanjoyo yang juga mengharapkan masukan dan koreksi kepada tim penilai untuk kemajuan pembinaan BKB di kabupaten Siak pada masa yang akan datang.

Sementara itu dalam expose yang disampaikan Ketua Kelompok BKB Bunga Tanjung mengatakan 18 maret 2006 dengan jumlah kader 18 orang. Dan diikuti oleh 44 orang balita sasaran.Untuk mengembangkan BKB Bunga Tanjung juga membentuk unit kelompok BKB Keagamaan dan Lingkungan. Dibidang keagamaan tersebut mencakup pembelajaran Iqra dan Tausiah serta Perwiritan. Sedangkan bidang lingkungan adalah mengenalkan balita kepada lingkungan yang harus dicintai.

Dalam pelaksanaannya juga memiliki hambatan yakni masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti kelompok BKB, untuk itu diharapkan dukungan dan arahan dari pihak desa, kecamatan dan kabupaten secara terus menerus karena menurutnya keberhasilan program ini tidak terlepas dari kesadaran masyarakat serta dukungan dari pemerintah.

Dalam kesempatan ini juga ditampilkan berbagai keterampilan anak-anak yang tergabung dalam BKB Bunga Tanjung dan PAUD Mawar, mulai dari membawakan tari persembahan, pembacaan ayat suci alqur’an serta kemahiran lainnya yang dibawakan secara fasih dan terlatih oleh sejumlah balita tersebut.

Ketua Tim Penilai Jumadi Falil dalam arahannya mengungkapkan dalam hal Bina Keluarga Balita Siak menjadi kiblatnya provinsi Riau, karena perkembangan kelompok BKB Siak maju dan berkembang secara pesat.BKB Siak sendiri disebutnya sudah berada pada tahap Paripurna yakni sudah berada pada tahap keterpaduan dan dan terintegrasi dengan baik. Selain itu juga ada 7 aspek yang menjadi penilaian. Antara lain partisipasi aktif anggota dan masyarakat, serta kehadiran dari balita dan kektifannya.

Para tim penilai didampingi Hj Misnarni Syamsuar, Hj Rosyidah Alfedri serta para anggota BKB meninjau langsung kegiatan yang dilakukan oleh PAUD Mawar serta Kelompok BKB Bunga Tanjung. Ditambahkan Ketua Tim Penilai, Ia mengharapkan perkembangan yang sudah dimiliki saat ini dapat dijaga dengan baik untuk kemajuan BKB di kabupaten Siak. (snc/urc)