SIAK (Segmennews.com)- Komite Wartawan Kabupaten Siak (KOWAS) bersama Wakil Bupati (Wabup) Siak Alfedri dan unrus Muspida, Kamis (22/11/12) melakukan kegiatan penanaman pohon di Taman Kota Arwinnas. Kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian untuk menghijaukan bumi dan peringatan Hari Penanaman Pohon Nasional pada 28 November mendatang.

Kegiatan ini disambut positif Wabup Alfedri, ia mengatakan bahwa aksi peduli penghijauan ini agar dicontoh pada organisasi yang lainnya yang ada di Kabupaten Siak ini, agar kedepan Kabupaten Siak ini terlihat sehat dan hijau oleh pepohonan baik itu pelindung dan juga pohon buah-buahan.

Dalam kata sambutan yang diungkapkan Koordinator KOWAS yakni Ali Masuri saat acara bahwa, aksi peduli menanam pohon ini merupakan kegiatan perdana dari KOWAS sejak dibentuk. Selain itu diharapkan kedepan Kabupaten Siak ini dapat terlihat sehat dan hijau dengan pohon-pohon.

“Tentunya aksi peduli menanam dan hijaunkan bumi ini dilakukan KOWAS yang pertama kalinya, kita berharap kedepan Kabupaten Siak ini terlihat sehat dan hijau. Selain itu aksi ini juga sempena dengan hari menanam pohon nasional yang mana jatuh pada 28 november mendatang, dan Siak ini akan dilakukan aksinya di Kecamatan Tualang,” terang Ali Masuri.

Selain itu, Ali juga mengungkap bahwa dalam aksi ini tidak terlepas dari dukungan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Siak.

Wabup Alfedri mengatakan sambutan positifnya saat acara, bahwa aksi menanam pohon ini cukup baik, selain dapat menghijaukan bumi juga dapat menyehatkan kuwalitas udara.

“Saya menyambut baik atas aksi menanam pohon ini, karena kegiatan seperti dapat berpengaruh pada kehidupan kita, yakni dapat mengijaukan bumi dan juga dapat menyehatkan udara yang kita hirup bersama, selain itu hal ini juga dapat mempengaruhi kenaikan potensi pariwisata, apalagi kegiatan ini dilakukan di taman kota ini,” terang Wabup Alfedri.

Selain itu ia menambahkan,”Diharapkan kepada seluruh organisasi atau masyarakat siak untuk dapat mencontoh, apa yang telah dilakukan KOWAS saat ini, karena kegiatan ini cukup positif,” ujarnya.

sebagai perkenalan atas keberadaannya di tengah masyarakat, dengan melakukan penanaman pohon buah dan pohon penghijauan di Taman Kota Arwinnas Siak.

Ketua KOWAS, Ali Masuri didampingi sejumlah pengurus KOWAS lainnya, Selasa (20/11) melakukan peninjauan lapangan tempat dilaksanakan penanaman dan persiapan untuk penanaman yang akan dihadiri Wakil Bupati Siak, H Alfedri yang secara simbolik membuka kegiatan penanaman Kamis (22/11).

“Kegiatan penanaman pohon di Taman Kota Arwinnas, selain sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan melakukan penghijauan, juga untuk memperkenalkan keberadaan KOWAS yang merupakan organisasi pemersatu sejumlah organisasi wartawan yang ada di Kabupaten Siak. Karena KOWAS dibuat demi kebaikan citra dan tugas wartawan pula,” ujar Ali Masruri.

Untuk itu pula, dalam kegiatan penanaman pohon yang menjadi kegiatan perdana bagi KOWAS sejak dibentuk, diharapkan menjadi awal yang baik bagi persatuan wartawan yang bertugas dan liputan di Kabupaten Siak.

“Sebagai agen informasi bagi masyarakat, tentu tugas wartawan cukup berat. Banyaknya media membuat jumlah wartawan semakin banyak, dan memiliki cara dan tipikal peliputan yang berbeda-beda pula. Untuk itu, keberadaan KOWAS menjadi arti penting bagi wartawan di Siak yang sebelumnya telah bergabung dalam organisasi wartawan pula. Maka KOWAS adalah penghimpun dari berbagai organisasi tersebut yang cakupannya memang hanya Kabupaten Siak saja, sebagai ruang lingkup kerja,” terusnya.

Untuk kegiatan penanaman, KOWAS yang bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan dalam penyediaan bibit pohon dari berbagai jenis pohon, baik pohon penghijauan seperti Matoa, Meranti, Gaharu, Pynicium, Johar dan lainnya maupun pohon buah-buahan sperti durian, manggis, berbagai jenis jambu, mangga, sukun, cempedak dan lainnya pula.

“Kita harap kerjasama dengan Dishutbun ini bermanfaat, sesuai tujuan kita menghijaukan bumi dan membuat udara segar dengan pohon yang rindang,” lanjut Ali Masruri yang merupakan Wartawan Haluan Riau dan Wakil Ketua di PWI Perwakilan Siak tersebut.

Kadishutbun Siak H Teten Efendi didampingi Kabid Perlindungan Rehabilitasi Hutan dan Lahan, H Suntoro menunjukkan respek yang tinggi, saat sejumlah wartawan di Siak turut andil melakukan penghijauan untuk menjadikan Kabupaten Siak yang rindang. Karena terdapat sejumlah lokasi yang memang sepantasnya dilakukan penanaman pohon, agar lebih teduh dan segar.

“Dengar kalau wartawan mau nanam pohon, dan sempat mendiskusikan ke kita, dan mumpung kita juga memiliki bibit pohon yang perlu ditanam, maka kita siap bantu bibit pohon untuk kegiatan wartawan Siak ini. Dan kita senang, wartawan Siak bergabung di KOWAS, jadi tidak ada kecemburuan pula antar organisasi wartawan jadinya,” ujar Teten.

“Hebatlah kegiatan seperti yang akan dilakukan wartawan ini. Semoga memberi manfaat, dan kita siap membantu sebisanya,” ujar Teten.
Dalam kegiatan penanaman tersebut, akan diawali silaturahmi seluruh wartawan Kabupaten Siak, dan perkenalan keberadaan KOWAS ke Pemkab Siak yang akan dihadiri Wakil Bupati H Alfedri sehubungan karena Bupati Siak H Syamsuar tengah menjalani dinas luar kota. KOWAS juga mengundang sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Siak. (rinto)