Bangkok – Vietnam mengawali langkahnya di Piala AFF 2012 dengan hasil imbang melawan Myanmar. Sempat unggul lebih dulu, Vietnam harus puas dengan skor akhir 1-1.

Di laga Grup A yang dimainkan Rajamangala National Stadium, Bangkok, Sabtu (24/11/2012) sore WIB, Vietnam membuka skor di menit ke35. Sundulan Le Tan Tai menyambut sepak pojok bersarang di pojok kanan gawang Myanmar.

Myanmar baru bisa menyamakan kedudukan di babak kedua. Gol untuk Myanmar hadir lewat kaki Kyi Lin yang dengan sempurna mengeksekusi tendangan penalti.

Dengan hasil ini, Vietnam dan Myanmar sama-sama mengoleksi satu angka. Laga lain di Grup A akan mempertemukan Thailand dan Filipina.

Jalannya Pertandingan
Di 15 menit pertama, Vietnam lebih mendominasi jalannya pertandingan. Beberapa peluang mereka hasilkan namun belum ada gol yang tercipta.

Salah satu peluang untuk Vietnam hadir dari Le Cong Vinh. Namun sundulannya menyambut tendangan bebas di menit ke-10 hanya menghadirkan sepak pojok.

Myanmar balik mengancam di menit ke-18. Kyi Lin yang bergerak dari sisi kanan melepaskan umpan ke dalam kotak penalti tapi tak ada pemain Myanmar yang menyambut bola.

Upaya Thanh Luong di menit ke-28 juga belum memberi gol untuk Vietnam. Tendangannya dari luar kotak penalti bisa dihentikan oleh kiper Myanmar.

Vietnam baru membuka skor di menit ke-35. Memanfaatkan sebuah sepak pojok, sundulan Le Tan Tai mengarah ke pojok kanan gawang Myanmar.

Memasuki babak kedua, Vietnam punya peluang emas untuk menambah keunggulan. Tapi upaya ini tak membuahkan hasil karena bola masih melebar tipis di sisi kiri gawang Myanmar.

Di menit ke-53, Myanmar mendapat hadian penalti setelah Kyi Lin dijatuhkan di kotak terlarang. Kyi Lin yang maju sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dan mengubah skor menjadi 1-1.

Vietnam kembali menekan. Tapi, sepakan Quoc Anh di menit ke-68 masih membentur mistar gawang Myanmar.

Kyi Lin benar-benar menjadi ancaman bagi pertahanan Vietnam. Lolos dari kawalan, dia tinggal berhadapan dengan kiper Vietnam, Hong Son. Tapi sepakannya masih mampu dihalau oleh Son.

Di ujung babak kedua, Vietnam nyaris menjebol gawang Myanmar lewat sebuah tendangan bebas. Tapi bola yang sempat disundul oleh pemain belakang Myanmar masih mampu ditepis oleh Si Thu.

Hingga laga usai, tak ada gol lagi yang tercipta. Skor 1-1 tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain:

Vietnam XI: Son, Minh Duc, Van Phong (Van Bien 48′), Gia Tu, Van Hoan, Thanh Hung, Quoc Anh, Trong Hoang (Vu Phong 81′), Thanh Luong, Tan Tai, Cong Vinh (Quang Hai 68′)

Myanmar XI: Si Thu, Min Tun, Aung Kyaw (Thet Naing 79′), Maung Lwin, Phyo Aung, Ko Ko (Zaw Oo 46′), Lin Oo (Kaung Si Thu 59′), Hein Kyaw, Htan, Kyi Lin, Yan Paing. (dtc/snc)