Gladi BPBD Riau Evakuasi korban banjir di Rokan Hulu

Rokan Hulu (Segmennews.com)- Gladi pengevakuasian korban bencana banjir oleh Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD)  Provinsi Riau bekerja sama dengan BPBD Rokan HUlu, Senkon Riau, pramuka, instansi SKPD Rohul dan masyarakat yang dilangsungkan di sungai Bantang Lubuh PasirPangaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Minggu (25/11/2012) berjalan sukses.

Kagiatan Gladi mulai dari, penyelamatan korban banjir yang terbawa arus banjir menggunakan speed boat, pengevakuasian korban hingga pertolongan pertama oleh pihak kesehatan berjalan dengan baik.

Menurut Kepala BPBD Riau, Syamsurizal bahwa Kegiatan gladi ini untuk menilai sejauh mana kesiapan dan ketanggapan anggota BPBD dan pihak terkait lainnya dalam pengevakuasian dan penyelamatan bagi korban banjir. Sebab sesuai hasil UU no 24 tahun  2007 Pemerintah dan DPR RI mendirikan BPBD, untuk membuat kegiatan perlu di sosialisasikan masyarakat dan pihak instansi terkait dan dunia usaha.

Disamping itu tanggung jawab BPBD ada tiga komponen yakni, BPBD, masyarakat dan dunia usaha. untuk itu melalui rencana kontijensi BPBD ini ada tiga kegiatannya, yang di biayai oleh dana Badan Penangulangan Bencana Nasional, yang merupakan penguatan di daerah.

Kontijensi yang telah dilakukan BPBD di Rokan Hulu apel siaga di lanjutkan dengan diruangan dan di lapangan. Kegiatan BPBD di Rokan Hulu ini telah berlangsung selama 4 hari, dan gladi hari ini sebagai kegiatan terakhir dari BPBD.

“Kagiatan ini sengaja di langsungkan di Rokan Hulu. Selain Rohul juga potensi banjir, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu juga sangat siap. Sehingga kita memilih Rokan Hulu sebagai tempat ui coba Rekon se-Riau.

Sementara itu, Ketua penangung jawab kegiatan, Dra Hj Rosmawati Apt, Msi bahwa kegiatan Rekon yang dilangsungkan di Rokan Hulu selama 4 hari ini, mengetahui dampak dan penyelamatan tentang bencana di Rohul.

“Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan baik, seluruh SKPD di Rokan Hulu turut memberikan dukungannya. Kita harapkan masarakat dan dunia usaha dan instansi terkait memahami kinetja BPBD ini,” sampainya.(dab)