Bonai Darussalam (Segmennews.com)- Sekitar 200 Meter Jalan Lintas Provinsi (Jalinprov) di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menuju Kota Duri Kabupaten Bengkalis terputus, akibatnya aktifitas masyarakat selama 2 Minggu lumpuh total.

Dikatakan Warga Sontang Mursal, pihak desa Sontang bersama warga hanya mengandalkan swakelola masyarakat untuk membuat jembatan darurat agar pengendera sepeda motor bisa melintas, gunanya masyarakat masih bisa keladang untuk berusaha.

“ Gimanlah Jalan ini termasuk urat nadi masyarakat untuk dimanfaatkan melintas baik ke Pasir Pengraian Rohul maupun ke kota Duri Kabupaten Bengkalis, sampai saat ini belum ada tanda-tanda pihak Pemerintah Provinsi Riau  untuk memperbaikinya,” sebutnya.

Sedangkan Kepala Desa Sontang Zulfahrianto menerangkan, pembangunan jembatan darurat dilakukan bergotong royong masyarakat sekitar secara sukarela, dalam hari lalu jembatan itu baru bisa dilewati sepeda motor dan kenderaan roda 4  dengan berat paling tinggi 2 ton.

 “ Kita sangat menyayangkan sikap Provinsi Riau terlihat acuh atau mengabaikan kepetingan masyarakat, begitu juga dengan pihak perusahaan di sekitar Desa Sontang belum  ada 1 perak pun membantu masyarakat untuk memperbaiki jalan itu, makanya kenderaan pengangkut barang kebutuhan masyarakat harus berputar lewat Pagaran Tapah,” ungkapnya.

Disampaikannya, sebelum dibuat jembatan darurat air melintasi jalan sekitar 1,5 Meter, tapi sekarang air hanya berkisar 60 Centi Meter, otomatis kenderaan bermuatan ringan bisa melintas, tapi kalau ada muatan seperti pengangkut Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit, Tangki Minyak atau kenderaan lainnya pengangkut  barang belum bisa melintas, jika melewatinya dikhawatirkan akan roboh dan membuat bahaya bagi pengendera itu.

“Dampaknya putus  Jalinprov itu sempat terjadi kekosongan minyak di Sentral  Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kota Tengah Kecamatan Kepenuhan, maka 4 Desa di Kepenuhan listrik padam, selama ini minyak untuk PLTD Desa minyak dari SPBU itu, begitu juga dengan TBS Kelapa Sawit banyak membusuk karena tidak bisa diangkat”pungkasnya. (dab)