ROKAN HULU (Segmennews.com)- Sejarah mencatat bahwa pelaksanaan hijrah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya dari Kota Makkah menuju Kota Madinatul Munawwarah, adalah awal tonggak baru munculnya sebuah peradaban baru yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.
Di penghujung hayatNya, Islam berkembang di seluruh jazirah Arab, dengan peradaban yang tinggi. Bahkan hanya dalam rentang waktu yang relative singkat, agama Islam justru berkembang ke seluruh penjuru dunia, baik di Eropa maupun Asia dan Afrika. Hal ini menunjukkan bahwa hijrah adalah sebuah perjalanan mengukir peradaban dunia yang gemilang.
Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA ketika menyampaikan Tablig Akbar STAI TUanku Tambusai Pasir Pengaraian, Sabtu (24/11/2012) bertempat di kampus STAI Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian.
Hadir dalam acara tersebut adalah Bupati Rohul yang diwakili Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pembangunan Drs H Tarmizi, Ketua STAI Tuanku Tambusai yang juga Ketua MUI Rohul, Drs H Hasbi Abduh MAg, Para Pembantu Ketua dan Majlis Dosen STAI Tuanku Tambusai, Ketua KPAID Rohul H Navrizal Lc, Kepala Sekolah/Madrasah se Rohul, Mahasiswa STAI.
Dikatakannya, kemajuan akan peradaban yang gemilangan tersebut, ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, disertai dengan peninggalan-peninggalan sejarah yang tidak tertandingi nilainya, seperti Alhambra di Granada, Spanyol dan Taj Mahal di Agra, India.

Kemajuan dunia Barat saat ini, justru tidak bisa dilepas pisahkan dari kemajuan dunia Islam dalam bidang ilmu pengetahuan, sebab dunia Islamlah yang melakukan penerjamahan besar-besaran ilmu pengetahuan Yunani Kuno ke dalam bahasa Arab, tegasnya.

Menurut Kakan Kemenag, Ilmu Pengetahuan Yunani kuno tersebut dipelajari dan dikembangkan oleh umat Islam, sehingga menghasilkan peradaban yang luar biasa. Dan dari dunia Islam inilah para mahasiswa Barat belajar akan ilmu pengetahuan, khususnya di Universitas Cordova di Spanyol.

Sementara itu, Ketua STAI Tuanku Tambusai Drs H Hasbi Abduh MAg, menyatakan bahwa STAI Tuanku Tambusai saat ini telah menamatkan sebanyak 700 orang yang tersebar di seluruh Rohul dan Provinsi Riau. (gib)