SIAK (Segmennews.com)- Air Perusahaan Air Minum (PAM) Kabupaten Siak dalam beberapa minggu ini sering keruh atau berubah warna dan kotor, anehnya hal itu kerap terjadi saat hari Sabtu dan Minggu.

Perubaha air tersebut membuat warga mengeluh, sebab di hari-hari libur tersebut mereka banyak menggunakan air bersih, namun hal itu tak mereka dapati di hari-hari tertentu.

Keterangan salah satu pelanggang air PAM, Mukti kepada wartawan bahwa, ia sangat terganggu dengan keruhnya air tersebut. Dan kejadian tersebut belangan setiap Sabtu dan Minggu, dan sudah berlangsung dua minggu.

“Sudah dua kali Sabtu dan Minggu air PAM ini keruh dan diduga tidak sehat untuk digunakan,” terang Mukti.

Hal senada juga diungkapkan Rustam, dan ia juga mengungkapkan bahwa tidak hanya airnya saja yang keruh, bahkan juga meteran pas pembayaran juga sering salah.

“Ya, belakangan ini airnya keruh dan kami ragu menggunakannya,” ungkap Rustam.

Menanggapi kejadian tersebut, Sodikin, Kepala Distarcip Siak bahwa keruhnya air tersebut dikarenakan adanya pembersihan tangki, sehingga air tidak dapat terkontrol.

“Saat ini kita tengah melakukan pembersihan pada tangki-tangki, dan kemungkinan karena itu airnya keruh, pembersihan itu dilakukan hari libur,” ungkap Sodikin. (rinto)