Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi memberikan bantuan Korban Banjir

Siak (Segmennews.com)- Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menyampaikan keprihatinannya atas banjir yang terjadi di beberapa kecamatan di kabupaten Siak akhir-akhir ini. Ia menilai banjir murni disebabkan oleh tingginya curah hujan secara terus menerus. Disamping itu juga diperparah oleh meningkatnya ketinggian air pasang di sungai Siak.

Bupati menambahkan hujan dan air pasang yang menyebabkan banjir tentu saja berimbas pada aktifitas dan mata pencaharian penduduk terutama yang menggantungkan hidupnya disektor perkebunan karet. Ditambah lagi harga TBS sawit yang belum kunjung meningkat hingga saat ini.

“Hujan dan air pasang yang menyebabkan banjir ini tentu menyulitkan warga mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi harga sawit hingga saat ini juga masih cendrung belum meningkat dan ini terjadi di dunia, tidak hanya di Siak atau di Indonesia saja,” katanya, saat menghadiri penyerahan bantuan sembako dari PT Bumi Siak Pusako kepada warga dibeberapa desa se kecamatan Mempura yang menjadi korban banjir. Penyerahan bantuan sembako ini dipusatkan di aula pertemuan kantor Camat Mempura, Senin (26/11).

Selain antisipasi yang bisa dilakukan oleh manusia dalam hal ini pemerintah, Syamsuar mengharapkan agar masyarakat dapat terus bahu membahu untuk berbuat baik antar sesame dan membantu tetangga yang sedang kesulitan. “Dalam menghadapi musibah seperti ini tentu harus ada upaya-upaya yang bisa dilakukan manusia, dalam hal ini pemerintah misalnya. Dan yang terpenting masyarakat harus terus memupuk sikap tolong menolong dan berdo’a yang terbaik bagi negeri yang kita cintai ini,” harap Syamsuar.

Syamsuar atas nama pemerintah juga mengucapkan terimakasihnya kepada perusahaan yang telah memiliki kepedulian untuk membantu warga yang ditimpa musibah. Hal serupa dikatakan beliau juga sudah dilakukan di kecamatan Kandis, akan tetapi menurutnya banjir di Kandis lebih parah jika dibandingkan Mempura. Hal itu terlihat dalam tinjaun langsung Bupati ke daerah-daerah banjir di Kandis dan Tualang beberapa waktu lalu.

“Kita berterimakasih kepada Bumi Siak Pusako yang telah sudi memberikan bantuan, dan ini sudah diberikan setiap tahun. Insya Allah hari ini bantuan sembako akan diserahkan kepada masyarakat di dua kecamatan, yakni Mempura dan Siak,” tambah Syamsuar.

Perwakilan dari Manajemen PT Bumi Siak Pusako Yudi Arlensah Putra mengungkapkan bahwa bantuan ditujukan kepada masyarakat yang ditimpa musibah banjir menyusul hujan deras yang terus turun beberapa pekan terakhir. Hal ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap steakholder yang berada diwilayah operasi. Masyarakat sejauh ini telah memiliki komitmen yang tinggi dalam menjaga aset-aset berharga milik perusahaan dan hal ini hendaknya terus dipertahankan. (rls)
///////