Ismail Hamkaz meninjau penangkapan ikan

Kepenuhan (Segmennews.com)- Di zaman modern ini, masyarakat di dua Desa yakni, rantau Benuang sakti dan Ulak patian, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu masih memanfaatkan Tumila sebagai penangkap ikan tradisional turun temurun. Namun walaupun pendapatan ikan tak sebanding dengan alat penangkap ikan modern, mereka tetap sabar dan tidak putus asa.

Anggota DPRD Rokan Hulu Komisi III, Ismail Hamkaz S,Ag,Msi yang berkunjung baru-baru ini ke penangkapan ikan masyarakat Kepenuhan sangat prihatin dan terharu atas cara penangkapan ikan nelayan tersebut, sebab dengan menangkap ikan itu, sebagaian masyarakat memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Seperti yang di disampaikan oleh nelayan, Sabaruddin kepada Ismail, bahwa mereka hanya menggunakan alat tradisional “Tumila” untuk menangkap ikan, dan hasil yang tidak seberapa itulah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka. Mulai dari kebutuhan sandang, pangan mereka.

“Pak dewan tolong lah kami, apo cao kami ko, ko lah susah padek, iko adanyo yang bisa kami usahokan,” katanya dengan bahasa Daerah yang artinya, “Pak dewan tolong lah kami pak dewan, apo cara kami lagi untuk memenuhi kebutuhan kami ini, ini cuma yang bisa kami lakukan”.

Sabaruddin juga menyampaikan, hasil dari penangkapan ikan menggunakan Tumila tidak menentu, terkadang bisa mencapai 10 Kg, namun tak jarang pula hasil jeratan tersebut hanya cukup untuk makan di rumah bersama anak-anaknya.

Oleh itu, Ismail Hamkaz berharap agar pihak Dinas terkait agar memperhatikan masyarakat nelayan, dan memberikan bantuan yang dapat menunjang penghasilan para nelayan. (dab)