Rapat BAZ Rohul

Rokan Hulu (Segmennews.com)- Hingga bulan November 2012, pengumpulan zakat di Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Rokan Hulu sekitar Rp 2,268 Miliar.

Pengumpulan zakat tersebut masih kurang dari target sebelumnya hingga Desember 2012 sebanyak Rp 2,5 miliar.

Namun Ketua BAZ Rokan Hulu, Sam Ricardo optimis hingga bulan Desember mendatang pengumpulan Zakat capai target yang ditentukan yakni, Rp 2,5 miliar, bahkan

BAZ Rohul akan mengupayakan mencapai Rp 2,6 M.

“Hingga bulan ini, pengumpulan zakat sebanyak Rp 2,268 M, insya allah di akhir tahun akan mencapai target Rp 2,5 M, kita harap jumlah pengumpulan zakat akan bertambah hingga 2,6 M,” sampai Sam Ricardo, kepada wartawan usai pelaksanaan rapat pembahasan Program penyaluran zakat Produktif di Kantor BAZ, PasirPangaraian, Selasa (27/11/2012).

Sedangkan Program BAZ, dalam penyaluran zakat Produktif tahun ini, baru terealisasi 80 persen, dari 154 orang yang berada di Desa dan Kelurahan Kabupaten Rokan Hulu, sisanya 20 persen atau sebanyak 45 orang penerima zakat akan di tuntaskan hingga akhir Desember.

“Sisa penerima zakat yang belum mendapatkan sebanyak 45 orang dengan penyaluran masing-masing Rp 5 juta, kita berharap akhir 2012 sudah tuntas, begitu juga dengan penyaluran bea siswa akan kita tuntaskan hingga akhir tahun ini,” tegas Sam Rikardo.

Di jelaskannya, bantuan zakat sengaja tidak diberikan berupa uang, hanya berupa bantuan usaha yang dibutuhkan penerima, seperti memberi bantuan peternakan, perikanan, tambahan barang usaha dan lainnya. Sebab jika diberikan berupa uang, ditakutkan ada penyelewengan terhadap bantuan yang diberikan.

Sebutnya, sejauh ini Zakat Produktif yang disalurkan BAZ masih ada yang tidak berjalan dengan baik, seperti penyaluran bantuan zakat kepada 10 pengusaha batu bata, hanya 8 pabrik yang berhasil, sedangkan bantuan peternakan, baru 60 persen yang berhasil. Sedangkan bantuan yang diberikan kepada pedagang barang harian, rata-rata berkembang dengan baik.

“BAZ Rokan Hulu akan terus berupaya memberiakan bantuan kepada masyarakat miskin yang membutuhkannya, dan akan berupaya semaksimal mungkin mensosialisasikan kepada masayarakat akan pentingnya zakat,” tutupnya. (gib)