Rokan Hulu (Segmennews.com)- Wawasan tentang penanaman nilai wawasan Kebangsaan perlu di tanamkan dan di pahami oleh para pejabat khususnya pejabat eselon II, III dan IV diwilayah Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu.

Sebab dijelaskan oleh Wakil Bupati Rokan Hulu, Ir Hafith Syukri MM, Rabu (28/11/2012) di acara seminar Peningkatan Wawasan Kebangsaan di hotel Sapadia PasirPangaraian, yang di hadiri oleh pejabat eselon II, III dan IV, bahwa akhir-akhir ini distregasi bangsa banyak yang tidak paham tentang wawasan kebangsaan.

Oleh itu, pemahaman wawasan kebangsaan sangat perlu diberikan kepada pejabat eselon II, III dan IV. Pasalnya, dengan mereka memahaminya, maka roda pemerintahan akan berjalan dengan baik.

“Provokasi yang masuk akan mengakibatkan terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, dengan konsep ini, jika pejabat telah memahami wawasan kebangsaan dan sudah sepaham, maka apapun yang berupaya untuk memecah belah roda pemerintahan tidak akan berhasil,” sampainya.

Diacara tersebut berlaku sebagai narasumber yakni, DR H Azam Awang,Msi, dijelaskan bahwa, pilar Kebangsaan Indonesia terdapat 4 kesatuan pedoman yakni, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UU 45. Adapun manfaat dari wawasan kebangsaan untuk mengembangkan persatuan Indonesia dan tidak memberikan tempat pada Patriotisme  yang picik.

Sementara itu, Kepala Kesbang Polinmas Rohul, Irfan Rido menyampaikan bahwa Ketahanan bangsa harus memiliki Akhlak dan Moral yang baik, Profesionalisme IPTEK, Wasbang dan Ideologi, bela Negara, Pembauran serta Kewaspadaan.

Selanjutnya, wawasan kebangsaan juga mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Maka di kehidupan pegawai, wawasan kebangsaan yang dilandasi nilai ideologi bangsa dan agama  akan menjadikan seorang pegawai maupun pejabat pemerintahan memiliki karakter kenegaraan yang kuat, sehingga mereka akan bekerja dengan penuh tanggung jawab. (dab)